Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Graha Macarina Jember

Fawaid, Ahmad (2025) Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Graha Macarina Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Fawaid_E20192215_.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Inovasi Produk, Volume Penjualan, Strategi Pemasaran, Graha Macarina, UMKM.

Inovasi adalah salah satu pilihan korporasi dan menghadapi prsaingan pasar dan pengelolaan yang berkelanjutan. Menurut Damanpour, inovasi merupakan sebuah pengenalan peralatan, system, hukum, produk atau jasa, teknologi proses produksi yang baru, sebuah struktur atau system administrasi yang baru, atau program perencanaan baru yang untuk diadopsi sebuah organisasi
Penelitian ini memiliki fokus 1) Bagaimana inovasi produk dalam meningkatkan volume penjualan di Graha Macarina Jember? 2) Bagaimana peluang dan tantangan inovasi produk yang dilakukan oleh Graha Macarina Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui inovasi yang dilakukan di Graha Macarina Jember? 2) untuk mengetahui apakah inovasi produk dapat meningkatkan volume penjualan di Graha Macarina Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi tepatnya berada di Jl. Sriwijaya XX No. 11, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi langsung terhadap aktivitas penjualan dan strategi inovasi, wawancara tidak terstruktur dengan informan seperti owner, karyawan, dan konsumen, serta dokumentasi berupa catatan, foto, dan data penjualan.
Penelitian ini memperoleh hasil yaitu: 1. Penelitian ini menemukan bahwa inovasi produk yang dilakukan oleh Graha Macarina Jember berdampak langsung pada peningkatan volume penjualan. Inovasi dalam bentuk varian rasa, kemasan menarik, serta strategi pemasaran digital telah memudahkan konsumen dalam mengakses produk, sekaligus meningkatkan daya tarik pasar. 2. Penelitian ini menemukan bahwa inovasi produk yang dilakukan oleh Graha Macarina Jember berdampak langsung pada peningkatan volume penjualan. Inovasi dalam bentuk varian rasa, kemasan menarik, serta strategi pemasaran digital telah memudahkan konsumen dalam mengakses produk, sekaligus meningkatkan daya tarik pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E. Ahmad Fawaid
Date Deposited: 11 Jul 2025 09:00
Last Modified: 11 Jul 2025 09:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48174

Actions (login required)

View Item View Item