Zainullah, Hadi (2025) PEMANFAATAN MUSEUM PEMERINTAH KOTA PROBOLINGGO SEBAGAI SUMBER BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 8 KOTA PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
HADI ZAINULLAH-PEMANFAATAN MUSEUM PEMERINTAH KOTA PROBOLINGGO SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 8 KOTA PROBOLINGGO.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Hadi Zainullah, 2025: Pemanfaatan Museum Pemerintah Kota Probolinggo Sebagai Sumber Belajar IPS di Sekolah Menengah Pertama Kota Probolinggo.
Kata Kunci: Museum, Sumber Belajar IPS, Sekolah Menengah Pertama Kota Probolinggo.
Museum adalah wadah untuk menyimpan bukti sejarah peradaban manusia dan lingkungan alamnya. Keberadaan museum sangat menarik untuk dikunjungi karena museum selain sebagai tempat untuk melestarikan warisan budaya baik berupa fisik benda maupun non-benda museum juga menyajikan ilmu pengetahuan melalui benda koleksi yang terdapat di dalam museum. Dalam dunia pendidikan mengunjungi museum disebut wisata edukasi (educational tourism). Pemanfaatan museum sebagai sumber belajar dapat membuat suasana pembelajaran menjadi lebih kontekstual, kongkret dan bermakna.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana relevansi pemanfaatan Museum Pemerintah Kota Probolinggo sebagai sumber belajar IPS di SMPN 8 Kota Probolinggo?. 2) Bagaimana pelaksanaan pemanfaatan Museum Pemerintah Kota sebagai sumber belajar IPS di SMPN 8 Kota Probolinggo?. 3) Bagaimana kendala pemanfaatan Museum Pemerintah Kota Probolinggo sebagai sumber belajar IPS di SMPN 8 Kota Probolinggo?
Tujuan penelitian 1) Mendeskripsikan relevansi Museum Probolinggo sebagai sumber belajar IPS di SMPN 8 Kota Probolinggo. 2) mendeskripsikan pelaksanaan pemanfaatan Museum Probolinggo yang sebagai sumber belajar IPS di SMPN 8 Kota Probolinggo. 3) mendeskripsikan kendala pemanfaatan Museum Probolinggo sebagai sumber belajar IPS di SMPN 8 Kota Probolinggo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah: analisis data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Keabsahan data mengaplikasikan kredibilitas data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) Relevansi pemanfaatan Museum Probolinggo sebagai sumber belajar IPS di SMP Negeri 8 Kota Probolinggo, yaitu memperkaya pemahaman sejarah dan budaya, aktivitas belajar di museum kontekstual, memudahkan proses belajar IPS, suasana pembelajaran di museum menyenangkan. 2) Proses pelaksanaan pemanfaatan Museum Probolinggo sebagai sumber belajar dilaksanakan melalui tahap persiapan, tahap, pelaksanaan, tahap pasca-kegiatan. 3) Kendala pemanfaatan Museum Probolinggo sebagai sumber belajar IPS di SMPN 8 Kota Probolinggo yaitu, mengatur waktu kunjungan ke museum, durasi kunjungan di museum terbatas, mengatur keberangkatan dan ketertiban peserta didik butuh upaya ekstra, museum belum memiliki kurator, dan terbatasnya anggaran dana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200206 Globalisation and Culture 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2101 Archaeology > 210108 Historical Archaeology (incl. Industrial Archaeology) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Hadi Zainullah |
Date Deposited: | 12 Jul 2025 12:51 |
Last Modified: | 12 Jul 2025 12:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48210 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |