Efektivitas Penggunaan Media Shopee dalam Meningkatkan Penjualan Produk HenA Fatimah Desa Karangsono Kecamatan Bangsalsari Jember

Septisari, Dita (2025) Efektivitas Penggunaan Media Shopee dalam Meningkatkan Penjualan Produk HenA Fatimah Desa Karangsono Kecamatan Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DITA FIKS LENGKAP___.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Dita Septisari, Dr.H.Saihan,S.Ag.,M.Pd.I.,2025 : Efektivitas Penggunaan Media
Shopee Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Henna Fatimah Desa
Karangsono Kecamatan Bangsalsari Jember.
Perkembangan teknologi digital dan kemudahan akses internet telah
mendorong banyak pelaku usaha untuk beralih ke platform e-commerce sebagai
sarana promosi dan penjualan. Shopee sebagai salah satu marketplace terbesar di
Indonesia menawarkan berbagai fitur yang mendukung peningkatan transaksi
online, khususnya bagi pelaku usaha kecil menengah (UMKM) seperti penjual
Henna Fatimah.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini : 1) Bagaimana penggunan
media shopee dalam meningkatkan daya beli produk henna fatimah desa
karangsono kecamatan bangsalsari jember ? 2) Bagaimana hambatan dan
tantangan dalam meningkatkan daya beli produk henna fatimah desa karangsono
kecamatan bangsalsari jember ?
Penelitian ini bertujuan untuk : 1).Untuk mengetahui bagaimana
efektivitas penggunaan media shopee dalam meningkatkan daya beli produk
henna fatimah desa krangsono kecamatan bangsalsari jember.2).Untuk
mengetahui bagaiman hambatan dn tantangan dalam meningkatkan daya beli
produk hennah fatimah desa karangsono kecamatan bangsalsari jember
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi
observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap toko online Shopee
"@fidacollection97" keabsahan data menggunakan tringulasi motode.
Kesimpulan penelitian ini adalah :1) .Alasan utamanya adalah karena
Shopee mampu memberikan jangkauan pasar yang luas, biaya promosi yang
terjangkau, serta fitur-fitur pendukung yang memperkuat interaksi antara penjual
dan pelanggan. Shopee tidak hanya meningkatkan penjualan secara kuantitatif,
tetapi juga memberikan peluang untuk membangun hubungan yang lebih baik
dengan pelanggan melalui layanan yang responsif dan ramah. Meskipun penjualan
offline masih penting untuk membangun pengalaman langsung dengan pelanggan,
penjualan online melalui Shopee menawarkan potensi pasar yang jauh lebih besar
dan efisien untuk mendukung pertumbuhan bisnis di era digital. 2). Dengan
memanfaatkan strategi promosi, interaksi yang baik, dan pengelolaan stok yang
maksimal, penjualan melalui Shopee mampu memberikan kontribusi signifikan
terhadap kesuksesan bisnis Henna Fatimah dan mendukung pertumbuhan bisnis
secara berkelanjutan.
Kata kunci :Efektivitas, Media Shopee, Daya beli, Produk, Henna, Shopee

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Dita Septisari
Date Deposited: 12 Jul 2025 13:23
Last Modified: 12 Jul 2025 13:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48228

Actions (login required)

View Item View Item