PENGEMBANGAN LKPD BERBANTUAN GAME FISHING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DI MI RAUDHATUL JANNAH JENGGAWAH JEMBER

JANNAH, ALIYATUL (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBANTUAN GAME FISHING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DI MI RAUDHATUL JANNAH JENGGAWAH JEMBER. Masters thesis, PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
baru tesis aliya watermark.pdf

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari rendahnya literasi numerasi peserta didik dalam pembelajaran pembelajaran matematika, dimana penggunaan media dan bahan ajar yang kurang menarik perhatian dan minat peserta didik dalam belajar. Sehingga peserta didik kurang semangat dan cenderung merasa kesulitan dalam pembelajaran.
Adapun rumusan masalah dalam pengembangan LKPD ini adalah (1) Bagaimana validitas pengembangan LKPD berbantuan game fishing untuk mengembangkan literasi numerasi siswa MI Raudhatul Jannah Jenggawah Jember? (2) Bagaimana kepraktisan LKPD berbantuan game fishing untuk mengembangkan literasi numerasi siswa MI Raudhatul Jannah Jenggawah Jember? (3) Bagaimana efektivitas LKPD berbantuan game fishing untuk mengembangkan literasi numerasi siswa MI Raudhatul Jannah Jenggawah Jember?
Tujuan dari pengembangan LKPD ini adalah (1) Menganalisis validitas pengembangan LKPD berbantuan game fishing untuk mengembangkan literasi numerasi siswa MI Raudhatul Jannah Jenggawah Jember. (2) Menganalisis kepraktisan LKPD berbantuan game fishing untuk mengembangkan literasi numerasi siswa MI Raudhatul Jannah Jenggawah Jember. (3) Menganalisis efektivitas LKPD berbantuan game fishing untuk mengembangkan literasi numerasi siswa MI Raudhatul Jannah Jenggawah Jember.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, Pre-test dan Post-test, serta dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 peserta didik untuk skala kecil, 20 peserta didik untuk skala besar, dan guru. Sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan melalui penyebaran angket dan tes kemudian dianalisis dengan teknik persentase untuk kevalidan dan kepraktisan, serta uji N-Gain untuk mengukur efektivitas LKPD terhadap literasi numerasi siswa.
Hasil dari penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa; 1) Hasil validasi memperoleh nilai dari validator ahli materi sebesar 86% dikategorikan sangat valid, validator ahli desain sebesar 94% dikategorikan “sangat valid”, serta validator ahli bahasa sebesar 80% dikategorikan “valid”, sehingga didapatkan nilai rata-rata kevalidan sebesar 86,6%, dikategorikan “sangat valid”. 2) Hasil kepraktisan produk berdasarkan respon guru mendapat nilai 82% dikategorikan “sangat praktis”, uji coba pada peserta didik skala kecil mendapat 85% dikategorikan “sangat praktis”, dan uji coba pada peserta didik skala besar mendapat 79% dikategorikan “praktis”, sehingga didapatkan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 82%, dikategorikan “sangat praktis”. 3) Hasil efektivitas berdasarkan uji N-Gain dari nilai pre-test dan post-test siswa mencapai 78,92% yang dikategorikan “efektif”, hal ini membuktikan bahwa LKPD berbantuan game fishing terbukti efektif untuk meningkatkan literasi numerasi siswa .

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Game fishing, LKPD, Literasi Numerisasi.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Aliyatul Jannah
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:58
Last Modified: 14 Jul 2025 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48274

Actions (login required)

View Item View Item