Umam, Misbahul (2025) PEMBELAJARAN KITAB FATHUL QORIB MUJIB MENGGUNAKAN RISALAH NAHWU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN ANNUR RAMBIPUJINJEMBER. Masters thesis, UiIN KHAS.
![]() |
Text
Tesis Final - Misbahul Umam.pdf Download (14MB) |
Abstract
ABSTRAK
Umam, Misbahul. 2024. Pembelajaran Kitab Fathul Qorib Mujib Menggunakan Risalah Nahwu Dalam
Meningkatkan Pemahaman Santri Di Pondok Pesantren Annur Rambipuji Jember . Tesis.
Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji
Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember. Pembimbing I, Prof. Dr. H. Mashudi, M.Pd.,
Pembimbing II, Dr. Lailatul Usriyah, M. Pd.I
Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Fathul Qorib Mujib Menggunakan Risalah Nahwu dalam
meningkatkan pemahaman santri
Aktivitas pembelajaran sangat terikat dengan proses pencarian ilmu. Aktivitas ini sangat
penting dilaksankan dalam kehidupan manusia, karena manusia mengembangkan pengetahuan dan
memperbaiki kehidupannya melalui pembelajaran. Islam sebagai agama yang Kaffah menuntut
umatnya untuk selalu melakukan pendidikan dengan belajar. Mayoritas muslim Indonesia tidak
semua generasi mudanya berkeinginan mendalami kitab kuning, setelah 3 tahun sudah keluar dari
pesantrennya. Hal inilah yang menjadi tugas kita bersama dalam rentang waktu tersebut , mereka
harus bisa mengenal dan memahami kandungan isi kitab kuning dengan terobosan dan percepatan
yang ada sebagai bekal dalam mengemban amanah Kholifah fil ardhi.
Berdasarkan fenomena tersebut, maka peneliti merasa tertarik untuk melakukan
sebuah penelitian di lembaga pendidikan khususunya pondok dengan mengangkat tema
“Pembelajaran Kitab Fathul Qorib Menggunakan Risalah Nahwu Dalam Meningkatkan Pemahaman
Santri Di Pondok Pesantren Annur Jember.” dengan fokus penelitian, 1. Bagaimana kondisi
Pembelajaran Kitab Fathul Qorib Mujib Menggunakan Risalah Nahwu Dalam Meningkatkan
Pemahaman Santri Di Pondok Pesantren Annur Jember 2. Bagaimana Aplikasi Risalah Nahwu
dalam Pembelajaran Kitab Fathul Qorib Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Di Pondok
Pesantren Annur Jember 3. Bagaimana hasil Pembelajaran Kitab Fathul Qorib Menggunakan
Risalah Nahwu Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Di Pondok Pesantren Annur Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana kondisi
Pembelajaran Kitab Fathul Qorib Mujib Menggunakan Risalah Nahwu Dalam Meningkatkan
Pemahaman Santri Di Pondok Pesantren Annur Jember .2. Untuk mengetahui Bagaimana Aplikasi
Risalah Nahwu dalam Pembelajaran Kitab Fathul Qorib Mujib Dalam Meningkatkan Pemahaman
Santri Di Pondok Pesantren Annur Rambipuji Jember, 3. Untuk mengetahui hasil Pembelajaran
Kitab Fathul Qorib Mujib Menggunakan Risalah Nahwu Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri
Di Pondok Pesantren Annur Rambipuji Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi
kasus. Sedangkan informannya meliputi pengasuh pesantren, ustadz, santri. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipasi pasif, wawancara semi
terstruktur, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan
model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi,
yaitu: triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Tahapan- tahapan penelitian
yakni tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan:1) kondisi Pembelajaran Kitab Fathul Qorib Mujib
Menggunakan Risalah Nahwu Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Di Pondok Pesantren
Annur 2. Aplikasi Risalah Nahwu dalam Pembelajaran Kitab Fathul Qorib Mujib Dalam
Meningkatkan Pemahaman Santri Di Pondok Pesantren Annur 3. Hasil Pembelajaran Kitab Fathul
Qorib Mujib Menggunakan Risalah Nahwu Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Di Pondok
Pesantren Annur Rambipuji Jember
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Depositing User: | Misbahul Umam |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:57 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48365 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |