Zaeni, Akhmad (2025) KRITIK ‘A<ISHAH TENTANG D{ABT{ AL-S{AH{A<BAH (Studi Kritik Atas Sahabat Pada Kitab S{ah}i>h} al-Bukha>ri> dan S{ah}i>h} Muslim ). Doctoral thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
Disertasi FInal - Akhmad Zaeni.pdf Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK
Zaeni, Akhmad, 2023. Kritik ‘A<ishah Tentang D{abt} al-S{ah}a>bah (Studi Kritik Atas
Sahabat Pada Kitab S{ah}i>h} al-Bukha>ri> dan S{ah}i>h} Muslim). Disertasi.
Program Doktor (S-3) Studi Islam (SI) Pascasarjana UIN Kiai Haji
Achmad Siddiq Jember. Promotor: Prof. Dr. H. Aminullah, M. Ag. Co
Promotor: Prof. Dr. H. Kasman, M.Fil. I.
Kata kunci: ‘A<ishah, D{abt{ al-S{ah{a>bah, S{ah}i>h} al-Bukha>ri>, S{ah}i>h} Muslim.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kritik ‘A>ishah terhadap
beberapa riwayat Sahabat, setidaknya ada 15 riwayat Sahabat yang mendapat
kritik dari ‘A>ishah tercatat dalam kitab S{ah}i>h} al-Bukha>ri> dan S{ah}i>h} Muslim. Untuk
meneliti permasalahan ini, dirumuskan 2 pertanyaan, yaitu : (1) Bagaimana
pandangan ‘A<ishah terhadap D{abt{ al-S{ah{a>bah? dan, (2) Bagaimana dampak kritik
‘A>ishah terhadap kesahihan beberapa riwayat Sahabat dalam kitab S{ah}i>h} al
Bukha>ri> dan S{ah}i>h} Muslim?
Penelitian ini dilakukan dengan model kualitatif yang dilakukan dalam
bentuk penelitian kepustakaan (library research) dan melalui metode analisis isi,
yakni dengan cara mengidentifikasi beberapa hadis riwayat Sahabat yang
mendapat kritik dari ‘A>ishah di dalam kitab S{ah}i>h} al-Bukha>ri> dan S{ah}i>h} Muslim.
Setelah diidentifikasi kemudian diklasifikasi untuk selanjutnya diteliti, dengan
melakukan kritik sanad dan matan. Setelah itu penulis melakukan penelitian lebih
mendalam terhadap hadis-hadis tersebut dengan melihat penilaian ulama kritikus
hadis terhadap beberapa hadis tersebut. Penilaian kritikus hadis dari ulama ahli
hadis difokuskan kepada riwayat Sahabat yang mendapat kritik ‘A>ishah di dalam
kitab S{ahi>h al-Bukha>ri> dan S{ahi>h Muslim.
Guna memperoleh keabsahan data atau kemungkinan hasil temuan yang
paling mendekati kebenaran, dalam penelitian ini diterapkan juga empat teknik
triangulasi, yakni (1) tiangulasi data meliputi kitab, buku, jurnal dan sumber
rujukan lain, (2) triangulasi pengamat meliputi peneliti, promotor dan co
promotor, (3) triangulasi teori meliputi teori kritik sanad, kritik matan dan teori
mukhtalif al-h}adi>th, (4) triangulasi metode meliputi analisis deskriptif, analisis
explanatori dan analisis komparatif.
Hasil penelitian dalam judul ini, ditemukan bahwa ‘A<<<ishah memiliki
pandangan kritis terhadap d}abt} al-s}ah}a>bah dan setelah dilakukan penerapan teori
al-d}abt}, mengahsilkan bahawa kritik ‘A<ishah tersebut sama sekali tidak
mempengaruhi pada d}abt} al-s}ah}a>bah, namun kritik tersebut merupakan fakta
sejarah bahwasanya beberapa Sahabat pernah melakukan kesalahan dalam
meriwayatkan atau memahami sebuah hadis. Dan setelah dilakukan penerapan
syarat hadis sahih pada 15 riwayat Sahabat yang mendapat kritik ‘A<ishah,
dinyatakan bahwa semua hadis tersebut dihukumi sahih, karena sudah memenuhi
5 syarat hadis sahih. Namun setelah diterapkan teori mukhtalif al-h}adith
ditemukan bahwa ada hadis dalam kitab S{ah{i>h} al-Bukha>ri> dan S{ah}i>h} Muslim yang
hukumnya sahih, namun tidak bisa diamalkan secara mandiri (s{ah{i>h}un la yu’malu
bihi), dikarenakan sudah mansu>kh, sebagaimana hadis tentang wajibnya mandi
hanya ketika bertemunya dua alat kelamin.
vi
ABSTRACT
Zaeni, Akhmad. 2023. ‘A<isha’s Critique on D}abt} al-S}ah}a>bah (A critical Study on
the Sahabah in S}ah}i>h} al-Bukha>ri> and S}ah}i>h} Muslim). Dissertation. Doctoral
Program (Dr.) in Islamic Studies, Postgraduate Program, UIN Kiai Haji
Achmad Siddiq Jember. Supervisor: Prof. Dr. H. Aminullah, M.Ag. Co
Supervisor: Prof. Dr. H. Kasman, M.Fil.I
Keywords: ‘A<isha, D}abt} al-S}ah}a>bah, S}ah}i>h} al-Bukha>ri, S}ah}i>h} Muslim
This study is motivated by ‘A<isha’s criticism of several riwayat of s}ah}a>bah;
at least, there are 15 riwayats from the s}ah}a>bah criticized by Aisha are recorded
on S}ah}i>h al-Bukha>ri> and S}ah}i>h Muslim. To examine this issue, two researh
questions are formulated: (1) What is ‘A<isha’s view on the reliability (d}abt}) of the
s}ah}a>bah? (2) Whar is he impact of ‘A<isha’s criticism on the authenticity of several
riwayat of s}ah}a>bah in S}ah}i>h al-Bukha>ri> and S}ah}i>h Muslim?
The study applys a qualitative model in the form of library research and
utilizes content analysis methodology. This includes identifying several hadiths
narrated by s}ah}a>bah that were criticized by ‘A<isha in the collections of S}ah}i>h al
Bukha>ri> and S}ah}i>h Muslim, followed by classification and further examination
through sanad and matn criticism. The study explores these hadiths more deeply
by assessing the evaluations made by hadith critics among hadits scolars, with a
focus on the riwayat of s}ah}a>bah criticized by ‘A<isha in the S}ah}i>h al-Bukha>ri> and
S}ah}i>h Muslim.
To ensure the validity of the data and the likelihood of achieving findings
closest to the truth, this study also applies four triangulation techniques: (1) Data
triangulation involving books, journals, and other resources, (2) Investigator
triangulation involving the researcher, the primary supervisor, and co-supervisor,
(3) Theoritical triangulation involving the theories of sanad, matn criticism, and
mukhtalif al-hadi>th, and (4) Methodological triangulation, including descriptive,
explanotory, and comparative analyses.
The findins of this study indicate that Aisyah ad a critical perspective on
the dapt saha>bah. However, upon applying the theoritical framework of al-d}abt}, it
was concluded that her criticisms did not undermine the overall reliability of
saha>bah. Rather, her critiques serve as historical evidence that some sahabah
occasionally made mistakes in narrating or interpreting certain hadith.
Furthermore, when the criteria for a sahi>h hadi>th were applied to 15 narrations
involving saha>bah who were criticized by Aisyah, all were found to meet the five
conditions of sahi>h status and were thus classified as authentic. Nevertheless,
through the application of the theory of mukhtalif al-hadi>th,it was revealed that
some sahih narrations found in S{ah}i>h} al-Bukha>ri> and S{ah}i>h} Muslim cannot be acted
upon independenty (sahi>hun la> yu’malu bihi) because they have been abrogated
(mansu>kh), such as the hadi>th stating that ritual bathing is obligatory merely upon
the meeting of two social organs.
vii
ص
ّخلملا
يحيحص يف ةباحصلا تاياور ىلع ةيدقن ةسارد( ةباحصلا طبضل ةشئاع دقن .
يتسجاملا
٠٢٠٢
،دمحأّ،ينيز
يراخبلا
ةعماجب ايلعلا تاساردلا ،ةيملاسلإا تاساردلا يف هاروتكدلا جمانرب .هاروتكد ةحورطأ.)ملسمو
،جاحلا هللا نيمأ روتكدلا ذاتسلأا :فرشملا .ربمجب قيدص دمحأ جاحلا خيشلا
يف ر
ةفسلفلا يف ريتسجاملا ،جاحلا نامسك روتكدلا ذاتسلأا :دعاسملا فرشملا .ةيملاسلإا ةعيرشلا
ةيملاسلإا
.
.
ملسم حيحص ،يراخبلا حيحص ،ةباحصلا طبض ،ةشئاع :
ةشئاع دقن رثأ ام )
ةيحاتفملاّتاملكلا
لقي لا ام دج ُ و ثيح ،ةباحصلا تاياور ضعبل ةشئاع نم دقن دوجو نم ثحبلا اذه ةيفلخ عبنت
هذه ةسارد لجأ نمو .ملسمو يراخبلا يحيحص يف تدرو ،ةشئاع نم ا ً دقن تّ قلت ةياور ةرشع سمخ نع
( :نييسيئر نيلاؤس ةغايص مت ،ةلأسملا
٠
(و ؟ةباحصلا طبض يف ةشئاع يأر وه ام )
١
؟ملسمو يراخبلا يحيحص يف ةباحصلا تاياور ضعب ةحص ىلع
ادختساب ثحبلا اذه ذيفنت مت
جهنم للاخ نمو ،يبتكملا ثحبلا راطإ يف يعونلا جهنملا م
مت ،كلذ دعب .نيحيحصلا يف ةشئاع اهتدقتنا يتلا تاياورلا ديدحت قيرط نع كلذو ،ىوتحملا ليلحت
هذه ىلع قمعأ ةسارد ثحابلا ىرجأ ،مث نمو .نتملاو دنسلل ا ً دقن اهليلحت مث تاياورلا هذه فينصت
امييقت ىلإ رظنلاب ثيداحلأا
تاياور ىلع نيثدحملا ءارآ تزّكرت .تاياورلا كلتل ثيدحلا دقن ءاملع ت
ملسمو يراخبلا يحيحص يف ةشئاع اهتدقتنا يتلا ةباحصلا
.
،ثيلثتلا نم تاينقت عبرأ ثحابلا مدختسا ،جئاتنلا يف ةقدلا نم ةيلاع ةجرد ىلإ لوصولا لجلأو
ثيلثت )
٠
( ،ىرخلأا رداصملاو ،تلاجمل
او ،عجارملاو ،بتكلا للاخ نم تانايبلا ثيلثت )
،دنسلا دقن ةيرظن مادختساب تايرظنلا ثيلثت )
٢
١
( :يهو
( ،دعاسملا فرشملاو فرشملاو ثحابلا لمشيو نيثحابلا
،يريسفتلا ليلحتلاو ،يفصولا ليلحتلا للاخ نم جهنملا ثيلثت )
٤
( ،ثيدحلا فلتخم ةيرظنو ،نتملا دقنو
.
نراقملا ليلحتلاو
لإ ثحبلا لّصوت دقو
،ةباحصلا طبض هاجت ةيدقن ةرظن اهل تناك اهنع هللا يضر ةشئاع ّنأ ى
ةقيقح لثمي هنكلو ،.ةباحصلا طبض ىلع اً قلاطإ رثؤي مل ةشئاع دقن ّ نأ نّ يبت ،طبضلا ةيرظن قيبطت دعبو
ثيدحلا طورش قيبطت دعبو .ثيدحلا مهف وأ ةياور يف نوئطخي دق ةباحصلا ضعب نأ تبث ُ ت ةيخيرات
ىلع حيحصلا
ثيدحلل ةسمخلا طورشلا رفوتل عيمج َّنأب َ حِّ ّ ر ُ ص دقو ،ةشئاع اهتدقتنا ةياور ةرشع سمخ
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Program Doktoral > Studi Islam |
Depositing User: | Akhmad Zaeni |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:49 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |