CAHYANI, Arini (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Ludo pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahim Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
![]() |
Text
skripsi Rev Sidang (1).pdf Download (3MB) |
Abstract
Arini Berlian Cahyani 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Ludo pada Mata
Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahim Jember
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Ludo, Pelajaran Al-Qur’an Hadis.
Pembelajaran merupakan proses dua arah yang melibatkan interaksi antara guru
dan siswa. Interaksi ini sangat penting untuk menunjang pencapaian tujuan pembelajaran
secara optimal. Namun, kenyataannya, proses pembelajaran di kelas sering kali masih
bersifat monoton, kurang menarik, dan terlalu berpusat pada buku teks. Berdasarkan hasil
observasi dan wawancara dengan guru, ditemukan bahwa siswa kelas III MI Ar-Rahim
Jember mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran Al-Qur’an Hadis, terutama
dalam hal menghafal ayat-ayat. Hal ini dikarenakan dengan minimnya media
pembelajaran yang menarik dan interaktif. Oleh karena itu, diperlukan media
pembelajaran alternatif yang mampu menarik minat dan motivasi siswa, serta membuat
proses belajar menjadi menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis
permainan Ludo yang disesuaikan dengan materi Al-Qur’an Hadis kelas III MI Ar-Rahim
Jember. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menciptakan media pembelajaran yang
menyenangkan, serta mampu meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan menghafal
siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui desain media, kelayakan produk,
serta respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R\&D)
dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara, dokumentasi, serta angket validasi dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa,
guru, dan peserta didik. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif
dan kualitatif.
Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan persentase dari ahli media dengan
tingkat validitas sebesar 90%, ahli materi sebesar 82%, ahli bahasa sebesar 80%, dan
tanggapan guru mata pelajaran al-qur’an hadis sebesar 92%. Hasil tersebut menunjukkan
bahwa media ini memiliki tingkat validitas yang tinggi. Respon peserta didik terhadap
penggunaan media pembelajaran Ludo menunjukkan bahwa 82% responden memberikan
penilaian positif. Selain itu, skor rata-rata posttest pada uji coba tersebut yakni 79, lebih
tinggi dari hasil pretest yang hanya 60. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran
Ludo tergolong kategori layak digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arini Cahyani |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 01:20 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 01:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48380 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |