MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR AL BAITUL AMIEN 02 JEMBER

Rahmawaty, Lusy (2025) MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR AL BAITUL AMIEN 02 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LUSY RAHMAWATI_T20193098_compressed (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Lusy Rahmawati, 2025; Manajemen Full Day School dalam Meningkatkan
Prestasi Akademik Peserta Didik di Sekolah Dasar Al Baitul
Amien 02 Jember
Kata Kunci : manajemen, full day school, prestasi akademik
Full day school merupakan salah satu program belajar satu hari penuh
mulai pukul 07.30 sampai 15.30 WIB dalam rangka meningkatkan mutu
pendidikan melalui pengembangan diri di luar jam pelajaran pokok. Program
belajar sistem full day school bermanfaat sebagai upaya mengatasi kesulitan
belajar siswa, dan menyelesaikan tugas-tugas pelajaran pokok. Pelaksanaan
belajar dengan sistem full day school hendaknya perlu pengelolaan yang tepat,
agar tidak terjadi kesenjangan dengan kurikulum nasional. Fokus Penelitian pada
konteks penelitian diatas, maka fokus penelitian ini yang di bahas dalam
penelitian ini ada tiga antara lain. : 1) Bagaimana perencanaan manajemen full day
school dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik di SD Al Baitul
Amien 02 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen full day school dalam
meningkatkan prestasi akademik peserta didik di SD Al Baitul Amien 02
Jember?3) Bagaimana evaluasi manajemen full day school dalam meningkatkan
prestasi akademik peserta didik di SD Al Baitul Amien 02 Jember?
Tujuan penelitian yang merupakan gambaran umum dari sebuah
penelitian. : 1)Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen full day school
dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik di SD Al Baitul Amien 02
Jember. 2)Untuk mendeskrispsikan pelaksanaan manajemen full day school dalam
meningkatkan prestasi akademik peserta didik di SD Al Baitul Amien 02 Jember.
3)Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen full day school dalam
meningkatkan prestasi akademik peserta didik di SD Al Baitul Amien 02 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis
penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model milles
and huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi
teknik.
Kesimpulan ini menunjukkan 1). perencanaan full day school dalam
meningkatkan prestasi akademik peserta didik di SD Al Baitul Amien dilakukan
melalui beberapa langkah yaitu pembentukan tujuan sekolah, mengetahui kondisi
dan potensi sekolah saat ini, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat,
serta pembentukan program. 2). proses pelaksanaan full day school dalam
meningkatkan prestasi akademik peserta didik dikelompokkan dalam kegiatan di
dalam pembelajaran dan kegiatan di luar pembelajaran. 3). Evaluasi konteks pada
pelaksanaan kebijakan program full day school ditinjau dari beberapa aspek
diantaranya regulasi pelaksanaan, tujuan kebijakan program full day
school, analisis kebutuhan program full day school, Evaluasi input pada
pelaksanaan kebijakan program full day school ditinjau dari beberapa aspek
diantaranya sumber daya manusia, kebijakan kurikulum program full day
school, sarana dan prasarana. Evaluasi produk pada pelaksanaan kebijakan
program full day school ditinjau dari beberapa aspek diantaranya tujuan program
full day school, antusias peserta didik, dan prestasi yang diraih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MPI Lusy Rahmawati
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:00
Last Modified: 15 Jul 2025 02:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48402

Actions (login required)

View Item View Item