Pengembangan E-Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Unity Pada Materi Aljabar Kelas VII MTsN 8 Banyuwangi

Dzulfikri Rahmadani, Gilang (2025) Pengembangan E-Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Unity Pada Materi Aljabar Kelas VII MTsN 8 Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Gilang Dzulfikri Rahmadani-202101070030.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pendidikan dalam proses kehidupan merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Pada dasarnya setiap manusia membutuhkan suatu pendidikan dan secara sadar maupun tidak sadar pernah mendapatkannya. Memanfaatkan teknologi di dalam pendidikan akan memudahkan dan membantu proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di MTsN 8 Banyuwangi, didapatkan bahwa guru mempunyai kesulitan untuk mengembangkan bahan ajar sehingga siswa merasa bosan dan tidak bersemangat untuk belajar. Hal ini perlu pengembangan bahan ajar berupa E-LKPD.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kevalidan pengembangan E-LKPD berbasis unity pada materi aljabar kelas VII MTsN 8 Banyuwangi, 2) kepraktisan pengembangan E-LKPD berbasis unity pada materi aljabar kelas VII MTsN 8 Banyuwangi, dan 3) keefektifan pengembangan E-LKPD berbasis unity pada materi aljabar kelas VII MTsN 8 Banyuwangi.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp dengan lima tahapan yaitu 1) investigasi awal, 2) desain, 3) realisasi/konstruksi, 4) tes, evaluasi, revisi, dan 5) implementasi. Dalam penelitian ini melibatkan 1 validator materi, 1 validator ahli media, 2 validator ahli praktisi dengan 1 validator ahli praktisi untuk pretest dan posttest, dan kesuluruhan siswa kelas VII C di MTsN 8 Banyuwangi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) E-LKPD berbasis unity pada materi aljabar dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase kevalidan yang diperoleh yaitu 91,67% dari ahli materi, 94,04% dari ahli media, serta 93,67% dan 94,67% dari ahli praktisi. Adapun validitas nilai pretest dan posttest berdasarkan penilaian ahli praktisi mencapai 96,80% dengan kategori sangat valid. 2) Hasil uji respon siswa terhadap E-LKPD berbasis unity pada materi aljabar didapatkan presentase sebesar 80,00% untuk uji coba one to one dengan kategori praktis, 83,73% untuk uji coba skala kecil, dan 86,43% untuk uji coba lapangan dengan kategori sangat praktis. 3) hasil uji keefektifan produk yang dikembangkan diperoleh dari hasil uji T-Test dengan nilai 0,000 atau sig < 0,0 dengan kriteria sangat efektif dan berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,62. Maka dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dapat dikategorikan efektif dan sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Gilang Dzulfikri Rahmadani
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:27
Last Modified: 15 Jul 2025 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48413

Actions (login required)

View Item View Item