PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTS NEGERI 2 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Bahri, Faisol (2025) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTS NEGERI 2 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
FAISOL_BAHRI_T20199056.pdf

Download (5MB)

Abstract

Faisol Bahri, 2025: “Peran guru dalam mengembangkan kemampuan literasi
digital siswa pada pembelajarn IPS di MTs Negeri 2 Bondowoso tahun pelajaran
2024/2025”.
Kata Kunci: Peran Guru, literasi digital siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Pendidikan di era digital saat ini memerlukan kemampuan literasi digital
yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Literasi digital merupakan
kemampuan untuk menggunakan teknologi digital secara efektif dan efesien. Guru
memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan literasi digital siswa
terutama dalam pembelajaran IPS.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Peran guru sebagai fasilitator
dalam mengembangkan kemampuan literasi digital siswa pada pembelajaran IPS di
MTs Negeri 2 Bondowoso tahun pelajaran 2024/2025, 2) Bagaimana peran guru
sebagai demonstrator dalam mengembangkan kemampuan literasi digital siswa
pada pembelajaran IPS di MTs Negeri 2 Bondowoso tahun pelajaran 2024/2025, 3)
Bagaimana peran guru sebagai Pengelola pembelajaran (learning manager) dalam
mengembangkan kemampuan literasi digital siswa pada pembelajaran IPS di MTs
Negeri 2 Bondowoso tahun pelajaran 2024/2025.
Tujuan penelitian ini meliputi: 1) untuk mendeskripsikan peran guru sebagai
fasilitator dalam mengembangkan kemampuan literasi digital siswa pada
pembelajaran IPS di Mts Negeri 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2024/2025. 2)
untuk mendeskripsikan peran guru sebagai demostrator dalam mengembangkan
kemampuan literasi digital siswa pada pembelajaran IPS di MTs Negeri 2
Bondowoso tahun pelajaran 2024/2025. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru
sebagai pengelola pembelajaran (Learning manager) dalam mengembangkan
kemampuan literasi digital siswa pada pembelajaran IPS di MTs Negeri 2
Bondowoso Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data ini menggunakan data analis
menurut Miles, Huberman, Saldana, Keabsahan data menggunakan Triangulasi
sumber dan teknik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikeahui bahwa: 1) Peran guru sebagai
fasilitator dalam hal ini guru IPS berperan memfasilitasi aplikasi pembelajaran
berupa aplikasi Kippin School dan Quiziz. 2) Peran guru sebagai demostrator
adalah guru IPS berperan mendemostrasikan langkah-langkah penggunaan aplikasi
Kippin School dan Quiziz dari mulai cara menginstal sampai bisa mengoperasikan
aplikasi tersebut. 3) Peran guru sebagai pengelola pembelajaran (learning manager)
berarti guru IPS berperan mengawasi siswa apakah media digital yang digunakan
memang benar atau tidak digunkan dalam pembelajara IPS, guru IPS akan
memberikan punishment kepada siswa yang tidak menginstal aplikasi Kippin
School dan Quiziz sebagai bentuk kedisiplinan terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Faisol Bahri
Date Deposited: 16 Jul 2025 01:23
Last Modified: 16 Jul 2025 01:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48523

Actions (login required)

View Item View Item