Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas X RPL di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Jember Tahun Pembelajaran 2025/2026.

Purnomo, Andi (2025) Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas X RPL di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Jember Tahun Pembelajaran 2025/2026. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANDI PURNOMO NIM 204101010026.pdf

Download (4MB)

Abstract

Andi purnomo, 2025: Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas X
RPL di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Jember.
Kata Kunci : Implementasi, Nilai Moderasi Beragama, Pembelajaran PAI.
Penelitian ini membahas tentang implementasi nilai-nilai moderasi
beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Jember. Moderasi beragama sebagai cara
pandang mampu menjadi solusi untuk saling menerima perbedaan, saling terbuka
dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Nilai-nilai yang di terapakan itu
ada tiga yaitu nilai kemanusiaan, keadilan dan toleransi. Untuk permasalahan di
penelitian ini, Bagaimana cara penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam
pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMKN 6 Jember. dan Bagaimana Strategi
pembelajaran dalam penerapan nilai-nilai moderasi beragama tersebut.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana penerapan nilai-nilai
moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti pada siswa kelas X RPL di SMKN 6 Jember. 2) Bagaimana Strategi
pembelajaran dalam penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas X RPL di SMKN 6
Jember. Adapun tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu : 1) Mendeskripsikan
bagaimana penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI dan
Budi Pekerti pada siswa kelas X RPL di SMKN 6 Jember. 2) Mendeskripsikan
tentang strategi pembelajaran dalam penerapan nilai-nilai moderasi beragama
pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas X RPL di SMKN 6
Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan purposive
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu
wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada
penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan
dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini
yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu.
Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Jadi untuk penerapan nilai-nilai moderasi
beragama yaitu menerapkan nilai kemanusiaan, nilai keadilan dan nilai toleransi
kepada siswa siswi di sekolah dengan cara diadakan literasi religius dan jumat
taqwa, sekolah juga memberikan kebijakan kepada siswa siswi yang non muslim
di peringatan hari besar islam dan siswa siswi tersebut melakukan pendekatan diri
ke tuhan nya masing-masing. 2) Untuk strategi dalam pembelajaran mengenai
nilai-nilai moderasi beragama ini yaitu strategi kooperatif dan strategi kontekstual
dan strategi ini sangat penting karna bisa membuat suasana dalam pembelajaran
bisa damai dan untuk penerapan nilai-nilai nya juga sangat penting dan wajib di
tanamkan sejak dini ke siswa atau di lingkungan sekolah baik dari segi
pembelajaran, kerukunan, ataupun dalam lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160802 Environmental Sociology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Men Andi Purnomo
Date Deposited: 16 Jul 2025 01:28
Last Modified: 16 Jul 2025 01:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48534

Actions (login required)

View Item View Item