Roziqin, M Khoirur (2025) Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Kegiatan (P5) pada Penguatan Karakter Siswa dalam Pembelajaran IPS di SMPN 1 Gumukmas Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.
![]() |
Text
comprea watermak.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Implementasi, Profil Pelajar Pancasila dengan Kegiatan (P5),
Karakter Siswa
Pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) memiliki hubungan yang erat
dengan pembentukan karakter siswa yang mana tujuan pembelajaran IPS (Ilmu
Pengetahuan Sosial) adalah untuk membentuk karakter peserta didik agar menjadi
warga negara yang baik, peduli terhadap masalah sosial, dan memiliki rasa
kebangsaan yang tinggi. Di SMPN 1 Gumukmas terdapat agenda Penguatan Profil
Pelajar Pancasila dengan Kegiatan (P5) di SMPN 1 Gumukmas Jember untuk
Penguatan Karakter Siswa dalam Pembelajaran IPS
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana
penerapan dari proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) terhadap
pembentukan karakter peserta didik dalam pembelajaran IPS di SMPN 1
Gumukmas? 2) Bagaimana implikasi penerapan dari proyek penguatan profil
pelajar pancasila (P5) terhadap pembentukan karakter peserta didik dalam
pembelajaran IPS di SMPN 1 Gumukmas?
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan dari proyek
penguatan profil pelajar pancasila (P5) terhadap pembentukan karakter peserta
didik dalam pembelajaran IPS di SMPN 1 Gumukmas. 2) untuk mengetahui
implikasi penerapan dari proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) terhadap
pembentukan karakter peserta didik dalam pembelajaran IPS di SMPN 1
Gumukmas?
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu sebagai
prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau
lisan. Dimana tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah membuat deskripsi,
gambaran atau lukisan secara sistematis, serta menghasilkan gambaran akurat
serta pengetahuan yang dapat digunakan dalam mendeskripsikan tentang suatu
gejala atau fenomena yang terjadi di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi teknik yakni observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh hasil kesimpulan 1) Penerapan proyek penguatan
profil pelajar pancasila (P5) dinaungi langsung oleh dinas pendidikan kabupaten
Jember dan semua mata pelajaran masuk dalam agenda tersebut semua guru wajib
ikut andil dalam program P5. Penerapan kegiatan P5 ini ada banyak sekali
agendanya. Namun pada pembelajaran IPS guru IPS membuat kegiatan mengolah
limbah sampah menjadi sesuatu yang bernilai dan bermanfaat bahkan bisa dijual
dalam bazar. 2) Implikasi dari penerapan P5 pada pembelajaran IPS yakni pada
proses pembuatan kerajinan, siswa memiliki karakter yang kreatif dan inovatif
serta memiliki sifat sabar, ulet dan tekun. Kemudian dalam proses penjualan siswa
juga dilatih untuk memiliki karakter dan berjiwa sosial yang tinggi untuk menarik
perhatian pembeli dalam membeli barang dagangannya. Mereka menerapkan semua hal yang diajarkan oleh guru dan orangtuanya. Mereka jadi tidak malu
untuk berjualan di sekolah untuk membantu orangtuanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation |
Depositing User: | Roziq M. Khoirur Roziqin |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:51 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48545 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |