ali, juma' (2025) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Gading Probolinggo Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI (JUMA'ALI-T20199080)Fix.pdf Download (1MB) |
Abstract
Juma’ali, 2024: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Gading Probolinggo Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Model Cooperative Learning, Team Game Tournament, Minat Belajar.
Model pembelajaran yang digunakan oleh guru mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran yang digunakan juga mempengaruhi minat belajar siswa. Maka, sudah seharusnya guru menerapkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan minat belajar siswa,
supaya tujuan pembelajaran yang direncanakan tercapai. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru yaitu model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT), model ini bisa menjadi solusi bagi guru dalam mengatasi permasalahan di kelas.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament pada siswa Kelas VIII di SMPN 2 Gading Probolinggo Tahun Pelajaran 2024/2025.
2) Mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa Kelas VIII di SMPN 2 Gading Probolinggo Tahun Pelajaran 2024/2025 melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan angket. Adapun teknik analisis datanya melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa, adanya peningkatan minat
belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Gading melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament. Hal itu bisa dilihat dari data skor minat belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada Pra Siklus, skor minat
belajar siswa hanya 36 yang dapat dilihat dari nilai rata-rata. Sedangkan pada siklus I, nilai rata-rata siswa hanya berada di angka 52 yang masuk dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70 yang masuk dalam kategori tinggi. Penelitian ini bisa dikatakan berhasil jika 70 % dari jumlah siswa mendapatkan atau melebihi angka 60 dengan nilai rata-rata lebih dari 60. Dengan adanya peningkatan terkait jumlah nilai rata-rata pada siklus II, penelitian ini sudah bisa dikatakan berhasil. Selain itu, indikator keberhasilan
lainnya bisa dilihat dari lembar observasi peningkatan minat belajar. Jika dalam siklus I masih terdapat 4 aspek pernyataan yang belum terlaksana, pada siklus II semua aspek pernyataan tentang peningkatan minat belajar sudah sepenuhnya terlaksana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Juma' ali |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 01:07 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 01:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48582 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |