rosady, imron (2025) PENGEMBANGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF (MIMA) KH. SHIDDIQ JEMBER. Doctoral thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
Disertasi Final - Imorn ROsady.pdf Download (14MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rosady, Imron, 2025. Pengembangan Model Contextual Teaching and Learning
(CTL) pada Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas
V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) KH. Shiddiq Jember. Disertasi.
Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana Universitas
Islam Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember. Promotor: Prof. Dr. H. Moh.
Dahlan, M.Ag., Co-Promotor: Dr. Ubadillah, M.Ag.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Keaktifan siswa.
Berdasarkan observasi awal pada pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran
Fiqh Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MIMA) KH. Shiddiq Jember, guru belum
mampu membawa anak-anak untuk bersikap aktif dan kritis dalam proses
pembelajaran.
Sebagai tindakan solutif terhadap masalah tersebut diperlukan inovasi model
pembelajaran yang dapat mengaktifkan dan memantik sikap kritis siswa.
Pendekatan pembelajaran yang diterapkan adalah model Contextual Teaching and
Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada
proses pembelajaran mata pelajaran fiqh dengan menggunakan pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL).
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dari Sugiyono
yang memodifikasi Research and Development (R&D) Borg and Gall yang terdiri
dari 10 tahap. Sedangkan penelitian ini hanya melakukan kegiatan sampai 7 tahap
karena keterbatasan waktu dan biaya. Tujuh tahap tersebut adalah 1) potensi dan
masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain,
6) uji coba produk, dan 7) penulisan laporan, hanya menghasilkan produk terbatas,
bukan produk massal. Penelitian ini dilakukan di MIMA KH. Shiddiq Jember pada
siswa kelas V. Metode pengumpulan data menggunakan lembar wawancara,
observasi, dan angket.
Dari langkah pengembangan diperoleh hasil, 1) Desain produk memperoleh
skor 3,26 berarti layak diuji cobakan, 2) Lembar observasi aktivitas guru dan siswa
mendapat skor 80,2% untuk guru dan 71,8 untuk siswa, 3) Sedangkan untuk RPP
dengan skor 71,25% revisi minor. Sesudah revisi desain dan telah divalidasi
kemudian dimplementasikan dalam pendekatan CTL menunjukkan bahwa hasil
observasi guru dalam melaksanakan RPP sebesar 94.8% dengan kategori sangat
aktif dan hasil observasi siswa menunjukkan skor 95,5% dengan kategori sangat
aktif. Adapun faktor pendukung keberhasilan pendekatan CTL dalam pembelajaran
adalah semangat guru dalam mengikuti semua sintaks dalam buku panduan serta
sanggup membenahi setiap kekurangan, sedangkan faktor penghambatnya adalah
belum terbiasanya guru dan siswa mempraktikkan pendekatan CTL, karena pada
kelas sebelumnya anak terbiasa dengan metode ceramah dan cerita. Hal ini dapat
dimaklumi karena pada kelas rendah, faktor usia masih belum memungkinkan
dilaksanakan model pembelajaran CTL.
vi
ABSTRACT
Rosady, Imron, 2025. Development of a Contextual Model of Fiqh Subjects in
Improving the Activity of Fifth Grade Students of Madrasah Ibtidaiyah
(MIMA) KH. Shiddiq Jember. Dissertation. Islamic Religious Education
Study Programme (PAI) Postgraduate Programme of Kiai Haji Achmad
Shiddiq Islamic University Jember. Promoter: Prof. Dr. H. Moh. Dahlan,
M.Ag., Co-Promoter: Dr. Ubadillah, M.Ag.
Keywords: Contextualised Teaching and Learning, Student Activism.
Based on an interview with the teacher of Fiqh class V Madrasah Ibtidaiyah
(MIMA) KH. Shiddiq Jember, one of the problems is the lack of student activeness
in the learning process. This is caused by the learning process that uses conventional
methods that are considered less innovative and fun so that students become passive
and less productive. The learning process is more teacher centered which causes
students to be less actively involved in learning, only as listeners so that the learning
process is monotonous and less developed from time to time.
As a solution to the problem, a learning model that can activate students is
needed. The learning model applied is the Contextual Teaching and Learning
learning model. This study aims to increase student activeness in the learning
process of fiqh subjects after using the Contextual Teaching and Learning learning
model.
This type of research is research and development (R & D) which consists of
10 stages. This study only conducted activities up to 7 stages due to time constraints
and this study only produced limited products, not mass products. The seven stages
are (1) potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design
validation, (5) design revision, (6) product trial, and (7) report writing. This
research was conducted at MIMA KH. Shiddiq Jember on grade V students. Data
collection methods used interview sheets, observation sheets, and questionnaires.
The results of research and development show, the results of teacher
observations in implementing lesson plans amounted to 94.8% with a very active
category and the results of student observations showed a value of 91.1% with a
very active category. Based on the results of the study, the development of
Contextual Teaching and Learning learning models can increase the activeness of
fifth grade students at MIMA KH. Shiddiq Jember.
vii
صخلملا
فصلا بالط ةيلعاف نيسحت يف ةيهقفلا داوملا يف يقايسلا ملعتلاو ميلعتلا جذومن ريوطت .
ايلعلا تاساردلا جمانرب .ةحورطأ .
MIMA KH. Shiddiq Jember
۰۲۰۲
، نورمإ
ةيئادتبالا ةسردملاب يئادتبالا سماخلا
دمحم .ح .د.أ :جورملا .ربمج يف ةيمالسإلا قيدش دمحأ يجاح يايك ةعماج يف ةيمالسإلا ةينيدلا ةيبرتلا يف
.
ةعارزلا يف ريتسجام ،للها ديبع روتكدلا :كراشم جورم ،ريتسجام ،نالحد
.بالطلا طاشن ،هقفلا ةدام ،يقايسلا ملعتلاو ميلعتلا
MIMA KH.
ةسماخلا ةيئادتبالا ةسردملاب سماخلا فصلا يف هقفلا ةدام سردم ع
ملعتلا ةيلمع ىلإ كلذ عجريو .ملعتلا ةيلمع يف بلاطلا ةيلعاف مدع يه لكاشملا ىدحإ نإف ،
نأ امك .ةيجاتنإ ل
ق
نيعمتسم نونوكي ثيح ،ملعتلا يف ةكراشم لقأ بالطلا لعجي امم ربكأ لكشب ملعملا لوح روحمتت ملعتلا ةيلمع
.
جذومن وه ق
ب
ةساردلا هذه ترجأ .لحارم
ققحتلا )
ةئف عم
۴
( ،جتنملا ميمصت )
۰۲
,
يداسور
:ةيحاتفملا تاملكلا
م ةلباقم ىلإ ادانتسا
Shiddiq Jember
أو نييبلس بالطلا حبصي ثيحب ةعتمو اراكتبا لقأ ربتعت يتلا ةيديلقتلا بيلاسألا مدختست يتلا
رخآل تقو نم اروطت لقأو ةبيتر ملعتلا ةيلمع نوكت ثيحب طقف
طملا ملعتلا جذومن .بالطلا طيشنت ىلع رداق يميلعت جذومن ىلإ ةجاح كانه ،ةلكشملل لحكو
دعب ةيهقفلا داوملا ملعت ةيلمع يف بلاطلا ةيلعاف ةدايز ىلإ ةساردلا هذه فدهت .يقايسلا ملعتلاو ميلعتلاب ملعتلا
.يقايسلا ملعتلاو ميلعتلاب ملعتلا جذومن مادختسا
نم نوكتي يذلا )
R & D
( ريوطتلاو ثحبلا وه ثاحبألا نم عونلا اذه
سيلو ،طقف ةدودحم تاجتنم تجتنأ ةساردلا هذه نأ امك ،تقولا قيض ببسب طقف لحارم
۲
( ،تانايبلا عمج )
۰
( ،لكاشملاو تاناكمإلا )
۰
7
ىلإ لصت ةطش
نأ
( يه عبسلا لحارملا .ةيعامج تاجتنم
دهعم يف ثحبلا اذه يرجأ .ريرقتلا ةباتك )
۷
( ،جتنملا ةبرجت )
۶
( ،ميمصتلا ةعجارم )
تالباقملا قاروأ تانايبلا عمج قرط تمدختسا .سماخلا فصلا بالط ىلع
۵
( ،ميمصتلا ةحص نم
MIMA KH. Shiddiq Jember
.تانايبتسالاو ةظحالملا قاروأو
۴۴،%۸
تناك سردلا ةطخ ذيفنت يف نيملعملا تاظحالم جئاتن نأ ريوطتلاو ثحبلا جئاتن ترهظأ
نأ نكمي ،ةساردلا جئاتن ىلع ءانب .ادج ةطشن ةئف عم
MIMA KH.
۴۰،۰۸
ةميق بالطلا تاظحالم جئاتن ترهظأو ادج ةطشن
هميم ةسردم يف سماخلا فصلا بالط طاشن ةدايز ىلإ يقايسلا ملعتلاو ميلعتلا جذامن ريوطت يدؤي
.
Shiddiq Jembe
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies |
Divisions: | Program Doktoral > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | imron rosady |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:31 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 04:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |