PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025.

Putri, Ersa Septiani (2025) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ERSA SP T20191200 (2)2__.pdf

Download (13MB)

Abstract

Ersa Septiani Putri.2025. Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL)
dalam Menumbuhkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas XI IPA Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Menengah Atas
Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata kunci: Problem Based Learning, Kreativitas Belajar, Pendidikan Agama
Islam
Penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran
memiliki potensi yang sangat besar untuk menumbuhkan kreativitas belajar siswa.
Dalam konteks ini, siswa tidak hanya berperan sebagai penerima informasi, tetapi
juga sebagai pengolah dan penerjemah pengetahuan yang ada untuk memecahkan
masalah. Melalui diskusi kelompok dan kolaborasi, siswa dilatih untuk
menyampaikan gagasan, mengeksplorasi berbagai alternatif solusi, serta
mengembangkan kreativitas dalam mencari jawaban. Hal ini dapat menciptakan
lingkungan pembelajaran yang dinamis dan aktif.
Fokus dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan PBL untuk
menumbuhkan kreativitas rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Jember?, (2) Bagaimana
penerapan PBL untuk menumbuhkan kreativitas bertanya siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Jember?,
dan (3) Bagaimana penerapan PBL untuk menumbuhkan kreativitas memberikan
gagasan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di
SMA Negeri 4 Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah Miles, Huberman, dan
Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan
verifikasi/penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
dan metode.
Hasil penelitian ini yaitu: (1)Ada tiga jenis rasa ingin tahu yang dimiliki
siswa yakni dari yang alamiah, berdasarkan minat, dan tuntutan akademik. (2)
Kreativitas bertanya muncul saat penemuan masalah, konsultasi dengan guru, dan
sesi tanya jawab. Pertanyaan beragam bentuk dan motif, baik spontan karena
ketertarikan maupun strategis untuk membantu pemahaman teman (3) Kreativitas
menyampaikan gagasan terlihat di semua tahapan PBL dari eksplorasi masalah,
pencarian dan pengolahan informasi, penyajian lewat presentasi, hingga interaksi
tanya jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Ersa Septiani Putri
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:33
Last Modified: 17 Jul 2025 04:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48599

Actions (login required)

View Item View Item