Mustofa Hilmi Toyyib, M (2025) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA AL-FALAH SILO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, FTIK / PAI.
![]() |
Text
M. Mustofa Hilmi Toyyib (T20181421) (1).pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
M. Mustofa Hilmi Toyyib, 2025: Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Alfalah Silo Karangharjo Silo Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Dalam dunia pendidikan media memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pembentukan moral siswa. Selain ditugaskan untuk pengembangan intelektual, guru juga memilki tugas penting untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa untuk berinteraksi dengan baik dan berprilaku sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku berdasarkan hukum syariat di mata masyrakat. Norma dan nilai yang ditanamkan kepada siswa berupa pengembangan Pendidikan Agama kepada siswa.
Seperti halnya yang dilakukan guru dalam menanamkan ahlak yang mulia di SMA Alfalah Silo Karangharjo Silo Jember dengan teknik memberikan peringatan secara langsung kepada siswa untuk memperbaiki prilakunya. Suatu contoh pada masa kecilnya yaitu membiasakan mengucapkan salam dan bersalaman kepada kedua orang tua saat berangkat dan pulang sekolah dengan tujuan agar anak terbiasa menghormati orang yang lebih tua dan memilki ahlak mulia pemberian keteladanan dan nasihat pada saat pembelajaran atau setiap melaksanakan sholat dibiasakan berjama’ah.
Fokus yang menjadi kajian penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan penerapan media audio visual dalam meningkatkan kreativitas siswa materi Pendidikan Agama Islam SMA Alfalah Silo tahun pelajaran 2024/2025? (2) Bagaimana hambatan penerapan media audio visual dalam meningkatkan kreativitas siswa materi Pendidikan Agama Islam SMA Alfalah Silo tahun pelajaran 2024/2025? (3) Bagaimana evaluasi penerapan media audio visual dalam meningkatkan kreativitas siswa materi Pendidikan Agama Islam SMA Alfalah Silo tahun pelajaran 2024/2025?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yakni studi kasus siswa SMA Alfalah Silo Karangharjo Silo Jember. Subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pelaksanaan penerapan media audio visual dalam meningkatkan kreativitas siswa materi Pendidikan Agama Islam SMA Alfalah Silo tahun pelajaran 2024/2025 yaitu dengan cara praktek langsung menggunakan media audio visual pada setiap kegiatan proses belajar mengajar. (2) Hambatan penerapan media audio visual dalam meningkatkan kreatifitas siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Alfalah Silo tahun pelajaran 2024/2025 meliputi Terbatasnya ketersedian alat media pendukung (3) Evaluasi penerapan media audio visual dalam meningkatkan kreativitas siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Alfalah Silo tahun pelajaran 2024/2025. Harapan akhir dari penelitian ini agar supaya ada banyak perubahan dan perkembangan pengelolaan pendidikan kearah yang positif dan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SPd M MUSTOFA HILMI TOYYIB |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:42 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |