Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Memaafkan pada Siswa SMP Science Qur’an Al Irsyad Al Islamiyah Jember.

Devi Salsabila, Arina (2025) Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Memaafkan pada Siswa SMP Science Qur’an Al Irsyad Al Islamiyah Jember. Undergraduate thesis, UIN kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
Arina Devi Salsabila_D20185066_.pdf

Download (3MB)

Abstract

Arina Devi Salsabila, 2025 : Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Memaafkan pada Siswa SMP Science Qur’an Al Irsyad Al Islamiyah Jember.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Perilaku Memaafkan. Siswa.
Kecerdasan emosi adalah kemampuan seseorang untuk mengenali dan mengelola emosi pada diri sendiri dan juga mampu memahami perasaan orang lain serta bisa mengontrol emosi kepada orang lain yang melakukan perbuatan negatif terhadap dirinya. Perilaku memaafkan adalah perilaku menurunkan emosi dan meninggalkan kemarahan untuk tidak membalas dendam dengan orang yang menyakiti dan membangun hubungan baik.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku memaafkan pada siswa SMP Science Qur’an Al Irsyad Al Islamiyah Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku memaafkan pada siswa SMP Science Qur’an Al Irsyad Al Islamiyah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan studi korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7,8 dan 9 dengan jumlah sampel sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert dengan teknik analisis data menggunakan Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS 25.0 for windows.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dengan perilaku memaafkan, dengan nilai korelasi sebesar r = 0,999 dan p = 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjuukan bahwa semakin tinggi tingkat kecerdasan emosi siswa, maka semakin tinggi pula perilaku memaafkan yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Arina Arina Devi Salsabila
Date Deposited: 21 Jul 2025 01:00
Last Modified: 21 Jul 2025 01:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48621

Actions (login required)

View Item View Item