INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI UMBULSARI KABUPATEN JEMBER

Negara, A. Chandra Kusuma (2025) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI UMBULSARI KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
A. Chandra Kusuma Negara_213206030034_Full Text.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Nilai-Nilai Multikultural, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Indonesia merupakan negara multikultural dengan keberagaman agama, suku, ras, budaya, adat istiadat, dan bahasa. Dalam konteks potensi disintegrasi bangsa, sekolah menjadi sarana strategis untuk mentransfer nilai-nilai pendidikan multikultural. Di SMA Negeri Umbulsari, pendidikan multikultural mencerminkan kepedulian terhadap kemajemukan peserta didik, yang diimplementasikan melalui pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural—meliputi nilai demokratis, humanis, dan pluralitas—kepada peserta didik SMA Negeri Umbulsari melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fokus utama penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah penanaman nilai-nilai demokratis terhadap peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari? (2) Bagaimanakah intenaliasi nilai-nilai humanis terhadap peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari? (3) Bagaimanakah internaliasi nilai-nilai pluralitas di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari? Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi ilmiah dalam memperkaya khazanah keilmuan di bidang pendidikan, khususnya terkait penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural melalui Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan koleksi, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber, metode, dan waktu.

Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Internalisasi nilai-nilai demokratis dalam pendidikan agama Islam di SMAN Umbulsari melalui: Pertama. Melalui organisasi kesiswaan. Kedua, melalui proses pembelajaran pendidikan Agama Islam. Ketiga, memberikan kebebasan berekspresi dan mengemukakan pendapat. Keempat, memenuhi guru pendidikan Agama sesuai dengan agama yang dianut oleh peserta didik. (2) Internalisasi nilai-nilai humanis dalam pendidikan agama Islam di SMAN Umbulsari dilakukan dengan mengajarkan kepedulian sosial terhadap peserta didik dengan program infaq jumat. Kemudian sekolah juga mengadakan program santunan anak yatim dalam pelaksanaannya peserta didik dihimbau untuk berinfaq seikhlasnya. Dan yeng terakhir adalah dengan proses pembelajaran pendidikan Agama Islam yakni guru PAI dituntut untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik akan pentingnya berprasangka baik, disiplin, jujur, berbuat baik kepada sesama manusia, dan berlaku adil. (3) Internalisasi nilai-nilai pluralis dalam pendidikan agama Islam di SMAN Umbulasari melalui: Pertama, melibatkan seluruh siswa dalam semua kegiatan kesiswaan dan keagamaan tanpa membeda-bedakan antara satu dengan lainnya Kedua, melalui proses pembelajaran pendidikan Agama Islam. Ketiga, memberikan suri tauladan yang baik terhadap peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chandra Kusuma Negara
Date Deposited: 21 Jul 2025 01:19
Last Modified: 21 Jul 2025 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48635

Actions (login required)

View Item View Item