Peran Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan CV Multi Payment Indonesia di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember

Nurmalasari, Ayu Puji (2025) Peran Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan CV Multi Payment Indonesia di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi Ayuk Fiks.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ayu Puji Nurmalasari, Ayu Ainin Mustafidah, M.E : Peran Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan Cv. Multi Payment Indonesia Di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember

Public relations adalah suatu disiplin ilmu yang berfokus pada upaya untuk membangun dan memelihara hubungan baik antara suatu organisasi atau Perusahaan dengan publiknya. Public relations merupakan ujung tombak komunikasi. Komunikasi publik internal dilakukan dalam rangka menjembatani dua tujuan yang berbeda dalam struktur hierarkis. Komunikasi dengan publik eksternal dilakukan dalam rangka menciptakan citra dan situasi kondusif bagi kedua belah pihak. Dari hal tersebut public relation merupakan bagian penting dalam sebuah perusahaan. Tak terkecuali di dalam Perusahaan CV. Multi Payment Indonesia kecamatan Tanggul, kabupaten Jember. Perusahaan ini adalah perusahaan yang mengelola dalam bidang “Multy Payment” yang menggunakan aplikasi AEMITRA untuk sarana pembayaran kebutuhan masyarakat yang menyediakan produk Pulsa All Operator, Paket Data Internet, Token PLN, PPOB Lengkap dan lain-lain. Terdapat CV yang bergerak di bidang yang sama, akan tetapi, di daerah tanggul, hanya CV Multi Payment Indonesia yang menerapkan public Relation. Oleh karenanya peneliti tertarik untuk membahas peran public relations dalam CV. Multi Payment Indonesia Kec. Tanggul, Kab. Jember.
Adapun fokus Penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana peran public relations pada Perusahaan CV. Multi Payment Indonesia Kec. Tanggul, Kab. Jember dalam menjalankan fungsinya untuk mempertahankan citra perusahaan? 2. Faktor-faktor apa saja yang mendorong dan menghambat kegiatan public relations dalam mempertahankan citra perusahaan CV. Multi Payment Indonesia Kec. Tanggul, Kab. Jember?
Adapun Tujuan Penelitian adalah untuk: 1. Mengetahui peran public relations yang dilakukan perusahaan CV. Multi Payment Indonesia Kec. Tanggul, Kab. Jember dalam menjalankan fungsinya untuk mempertahankan citra perusahaan. 2. Mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat kegiatan public relations dalam mempertahankan citra Perusahaan CV. Multi Payment Indonesia Kec. Tanggul, Kab. Jember.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa data yang yang menggambarkan secara rinci. Serta tujuan dari penelitian deskriptif yaitu untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Public Relations CV Multi Payment Indonesia Kecamatan Tanggul telah menjalankan seluruh peran sesuai dengan deskripsi pekerjaaan yang mereka rencanakan sebagai wujud integritas perusahaan. Ada beberapafaktor yang mempengaruhi Public Relations yaitu faktor pendukung meliputi Kepercayaan Manajemen Perusahaan yang merupakan modal yang paling utama dalam mengatasi krisis yang melanda perusahaan, Kerjasama dengan Media Massa, Aplikasi yang Mudah karena sudah dapat di akses lewat playstore dengan gratis. Adapun faktor penghambatnya adalah jumlah public relation yang sedikit.
Kata kunci: Public Relation, Citra perusahaan, Faktor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Ayu Puji Nurmalasari
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:03
Last Modified: 29 Jul 2025 04:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48642

Actions (login required)

View Item View Item