Hidayati, Nurul (2025) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS POTENSI LOKAL DI SUMBER MATA AIR KRAWAK PADA MATERI PLANTAE SUB BAB BRYOPHYTA UNTUK SISWA KELAS X IPA DI MA AL HIDAYAH LAJU KIDUL KABUPATEN TUBAN. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI NURUL HIDAYATI T20188014 WATERMARK .pdf Download (3MB) |
Abstract
Nurul Hidayati, 2025 : Pengembangan Modul Berbasis Potensi Lokal di Sumber Mata Air Krawak Pada Materi Plantae Sub Bab Bryophyta untuk Siswa Kelas X IPA MA AL- Hidayah Laju Kidul Kabupaten Tuban.
Kata kunci : Pengembangan Modul, Materi Plantae Sub Bab Bryophyta., Rendahnya pemanfaatan sumber belajar yang variatif dalam pembelajaran
Biologi, khususnya pada materi Materi Plantae Pada Sub Bab Bryophyta, menjadi salah satu penyebab kurangnya pemahaman siswa dan rendahnya minat belajar. Di MA Al-Hidayah Laju Kidul Tuban, pembelajaran masih berfokus pada LKS dan buku paket, tanpa memanfaatkan potensi lokal seperti Sumber Mata Air Krawak yang dekat dengan lingkungan sekolah. Kondisi ini mendorong perlunya pengembangan sumber belajar alternatif berupa modul berbasis potensi lokal yang relevan dan kontekstual. Modul ini diharapkan dapat memfasilitasi pembelajaran mandiri, meningkatkan ketertarikan siswa terhadap materi, dan mendukung pendekatan saintifik sesuai Kurikulum 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) Validitas Modul Biologi Berbasis Potensi Lokal di Sumber Mata Air Krawak Pada Materi Materi Plantae Pada Sub Bab Bryophyta Untuk Siswa Kelas X di MA Al-Hidayah Laju Kidul Kabupaten Tuban, 2) Respon Siswa Terhadap Modul Biologi Berbasis Potensi Lokal di Sumber Mata Air Krawak Pada Materi Plantae Pada Sub Bab Bryophyta Untuk Siswa Kelas X di MA Al-Hidayah Laju Kidul Kabupaten Tuban, dan 3) Keefektifan Modul Biologi Berbasis Potensi Lokal di Sumber Mata Air Krawak Pada Materi Materi Plantae Pada Sub Bab Bryophyta Untuk Siswa Kelas X di MA Al-Hidayah Laju Kidul kabuppaten Tuban.
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis-Design-Develop- Implement-Evaluate).Model ini dipilih karena telah teruji oleh waktu dan penggunaan serta model penelitian pengembangan yang cocok digunakan untuk membuat dan mengembangkan produk pembelajaran. Model ADDIE bersifat siklik,artinya kelima tahapan ini dapat diulang kembali jika diperlukan.Misalnya hasil revisi produk atau melakukan perbaikan pada tahap –tahap sebelumnya.
Penelitian dan pengembangan ini memperoleh kesimpulan: 1) Hasil validasi produk didapatkan rata-rata sebesar 78,14% dengan kriteria valid.; 2) Hasil uji coba produk dengan persentase rata-rata sebesar 90,07% dengan kriteria sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas, dan dapat digunakan tanpa perbaikan sehingga dikatakan praktis untuk digunakan tanpa perbaikan; 3) Hasil uji pemakaian produk dengan skor rata-rata pre-test sebesar 50,65 dan skor rata-rata post-test sebesar 88,38 kriteria valid dan efektif. Selain itu, uji t menggunakan SPSS 26 memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 Artinya, terdapat perbedaan yang nyata pada data pre-test dan post-test dan dapat dikatakan bahwa modul dapat dikatakan sebagai media pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060702 Plant Cell and Molecular Biology 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | NURUL HIDAYATI |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 06:55 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 06:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |