PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DALAM MEMBENTUK INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA BCD YAYASAN PEDULI ANAK CACAT KALIWATES JEMBER

Khairun Nisya, Nur Iffani (2025) PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DALAM MEMBENTUK INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA BCD YAYASAN PEDULI ANAK CACAT KALIWATES JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NUR IFFANI Siap Bendel WM.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan interaksi sosial
bagi anak tunagrahita sebagai bagian dari keterampilan hidup yang perlu
dikembangkan sejak dini. Anak tunagrahita cenderung kesulitan dalam menjalin
hubungan sosial baik di lingkungan sekolah, rumah, maupun masyarakat. Oleh
karena itu, diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak
tunagrahita untuk mambantu mereka mengembangkan interaksi sosial secara
bertahap. Salah satu media yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui
permainan tradisional congklak.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses permainan
tradisional congklak dalam membentuk interaksi sosial anak tunagrahita di
SMPLB BCD YPAC Jember? 2)Bagaimana peran permainan tradisional congklak
dalam menumbuhkan interaksi sosial anak tunagrahita ringan di SMPLB BCD
YPAC Jember?. 3) Apa faktor pendukung dan penghambat permainan tradisional
congklak dalam membentuk interaksi sosial anak tunagrahita di SMPLB BCD
YPAC Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan proses
permainan tradisional congklak dalam membentuk interaksi sosial anak
tunagrahita di SMPLB BCD YPAC Jember 2) Mengetahui peran permainan
tradisional congklak dalam menumbuhkan interaksi sosial anak tunagrahita ringan
di SMPLB BCD YPAC Jember 3) untuk mengatahui faktor pendukung dan
penghambat permainan tradisional congklak dalam membentuk interaksi sosial
anak tuagrahita di SMPLB BCD Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data,
menyajikan data dan menarik kesimpulan, kemudian keabsahan datanya
dengan triangulasi sumber dan teknik. Lokasi yang diambil dalam penelitian
ini adalah SMPLB BCD YPAC Kaliwates Jember. Subyek dalam penelitian ini
meliputi kepala sekolah, guru wali kelas, danorang tua murid dan anak
tunagrahita.
Kesimpulan dari skripsi ini adalah 1) guru mengenalkan media, guru
mengarahkan aturan permainan, serta menghitung jumlah anak sebelum bermain,
guru mendampingi dan mengarahkan permainan, guru memberi refleksi sederhana
2) menumbuhkan sikap komunikatif, merespon pertanyaan, menjawab pertanyaan,
menunjukkan simpati dan empati, bersikap kooperatif. 3) faktor pendukung:
sarana dan prasarana memadai, situasi dan kondisi ruang belajar kondusif, latar
belakang pendidikan guru sesuai, kemampuan guru dalam menerapkan
permainan. Faktor penghambatnya: keterbatasan waktu dalam pelaksanaan
kegiatan.
Kata Kunci : Anak Tunagrahita, Interaksi Sosial, Permainan Tradisonal
Congklak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Nur Iffani Khairun Nisya
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:06
Last Modified: 24 Jul 2025 01:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48675

Actions (login required)

View Item View Item