PENGARUH PENERAPAN RBL (RESEARCH BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JENGGAWAH JEMBER

Risdiana, Syakirna Shifa and Mukhlis, Mohammad (2025) PENGARUH PENERAPAN RBL (RESEARCH BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JENGGAWAH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SYAKIRNA SHIFA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis penting dalam pembelajaran matematika karena membantu siswa memahami konsep, menyusun argumen logis, dan menyampaikan ide secara efektif. Namun, kemampuan komunikasi matematis di SMP Negeri 1 Jenggawah Jember masih tergolong rendah sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran RBL (Research Based Learning) mendorong siswa untuk belajar melalui kegiatan penelitian sederhana, seperti mengidentifikasi masalah, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data, serta menyimpulkan dan mempresentasikan hasil temuannya. Melalui proses tersebut, siswa tidak hanya dituntut memahami konsep, tetapi juga melatih kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi secara matematis.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran RBL (Research Based Learning) pada materi bangun datar kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Jember? 2) Bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol setelah diterapkan model pembelajaran konvensional pada materi bangun datar kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Jember? 3) Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran RBL (Research Based Learning) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun datar kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang dilakukan di SMP Negeri 1 Jenggawah Jember. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan pola yang digunakan adalah nonequivalent control group pretest posttest design. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 26.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran RBL (Research-Based Learning) pada materi bangun datar kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Jember berada dalam kategori sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata hasil posttest dibandingkan pretest. 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional berada dalam kategori baik. Siswa mengalami peningkatan kemampuan, namun tidak sebesar peningkatan yang dialami oleh siswa yang menggunakan model pembelajaran RBL. 3) Terdapat pengaruh antara penerapan model pembelajaran RBL dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun datar kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Jember. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil rata-rata posttest yang dilakukan oleh siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran RBL dengan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: RBL, Kemampuan Komunikasi Matematis, Bangun Datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email syakirnashifa.28@gmail.com
Date Deposited: 30 Jul 2025 04:35
Last Modified: 30 Jul 2025 04:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48693

Actions (login required)

View Item View Item