Komunikasi Persuasif Petugas Posyandu dalam Menyampaikan Informasi Kesehatan Kepada Lansia di Desa Mayang Kabupaten Jember

Navisa, Kavka Hikmah (2025) Komunikasi Persuasif Petugas Posyandu dalam Menyampaikan Informasi Kesehatan Kepada Lansia di Desa Mayang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Ahmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_KAVKA HIKMAH NAVISA (2) 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi persuasif merupakan bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi orang lain secara halus tanpa adanya paksaan. Dalam pelayanan kesehatan, komunikasi persuasif sangat penting agar pesan tentang kesehatan bisa diterima dengan baik dan diterapkan oleh masyarakat, terutama kelompok lansia yang rentan. Sebagai pelayanan kesehatan di tingkat desa posyandu memanfaatkan komunikasi persuasif dari petugasnya untuk meningkatkan kesadaran lansia mengenai pentingnya kesehatan.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana bentuk komunikasi persuasif petugas posyandu dalam menyampaikan informasi kesehatan kepada lansia di Desa Mayang Kecamatan Mayang Kabupaten Jember, (2) Bagaimana proses komunikasi persuasive petugas posyandu dalam menyampaikan informasi kepada Lansia). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi persuasif petugas posyandu dalam menyampaikan informasi kesehatan kepada lansia di Desa Mayang Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. (2) untuk mengetahui proses komunikasi persuasif petugas posyandu dalam menyampaikan informasi kepada lansia.
Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan metode field research atau penelitian lapangan, dimana peneliti terjun langsung ke lokasi untuk mendapatkan data secara nyata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan ini dipilih untuk menggambarkan secara mendalam dan menyeluruh mengenai “komunikasi persuasif petugas posyandu dalam meningkatkan kesehatan masyarakat lansia di Desa Mayang Kecamatan Mayang Kabupaten Jember”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa petugas Posyandu membangun komunikasi yang bersifat persuasif dengan pendekatan yang ramah, sederhana, dan membangun kedekatan secara emosional. Komunikasi ini berlangsung secara langsung dalam kegiatan Posyandu maupun dalam interaksi sehari-hari di luar kegiatan resmi. Melalui pendekatan ini, pesan-pesan kesehatan lebih mudah dipahami dan diterima oleh para lansia, serta berdampak pada meningkatnya partisipasi mereka dalam menjaga kesehatan secara mandiri.

kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Informasi Kesehatan, Lansia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Kavka Hikmah Navisa
Date Deposited: 31 Jul 2025 06:27
Last Modified: 31 Jul 2025 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48698

Actions (login required)

View Item View Item