Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab, Komitmen Tugas dan Disiplin Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIIIC di MTs Nurul Jadid Botolinggo Bondowoso

Permatasari, Adhelia Dhika (2025) Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab, Komitmen Tugas dan Disiplin Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIIIC di MTs Nurul Jadid Botolinggo Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_Adhelia Dhika P. FIKS watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode dalam proses belajar mengajar merupakan sebagai alat untuk mencapai tujuan, perumusan tujuan dengan sejelas-jelasnya merupakan syarat terpenting sebelum seseorang menentukan dan memilih metode mengajar yang tepat.
Fokus Penelitiannya yaitu: 1) Bagaimana perencanaan penerapan metode resitasi dalam meningkatkan karakter tanggung jawab, komitmen tugas dan disiplin belajar pada mata pelajaran fiqih Kelas VIII C di MTs Nurul Jadid Botolinggo Bondowoso?, 2) Apa saja Kelemahan dan kelebihan penerapan metode resitasi dalam meningkatkan karakter tanggung jawab, komitmen tugas dan disiplin belajar pada mata pelajaran fiqih Kelas VIII C di MTs Nurul Jadid Botolinggo Bondowoso?, 3) Bagaimana hasil belajar siswa penerapan metode resitasi dalam meningkatkan karakter tanggung jawab, komitmen tugas dan disiplin belajar pada mata pelajaran fiqih Kelas VIII C di MTs Nurul Jadid Botolinggo Bondowoso?
Tujuan Penelitiannya yaitu: 1) Mendeskripsikan perencanaan penerapan metode resitasi dalam meningkatkan karakter tanggung jawab, komitmen tugas dan disiplin belajar pada mata pelajaran fiqih Kelas VIII C di MTs Nurul Jadid Botolinggo Bondowoso?, 2) Mendeskripsikan kelemahan dan kelebihan karakter tanggung jawab, komitmen tugas dan disiplin belajar pada mata pelajaran fiqih Kelas VIII C di MTs Nurul Jadid Botolinggo Bondowoso?, 3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa penerapan metode resitasi dalam meningkatkan karakter tanggung jawab, komitmen tugas dan disiplin belajar pada mata pelajaran fiqih Kelas VIII C di MTs Nurul Jadid Botolinggo Bondowoso?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang terkumpul melalui teknik-teknik tersebut dianalisis secara berulang-ulang. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Kesimpulan penelitian adalah 1) perencanaan penerapan metode resitasi yaitu Pemberian tugas seperti merangkum materi, menjelaskan di depan kelas, dan menyebutkan hal-hal terkait materi telah terbukti efektif. 2) Kelemahan Metode Resitasi Siswa sulit dikontrol, Khusus untuk tugas kelompok tidak jarang yang aktif mengerjakan, Kelebihannya Yaitu Pengetahuan siswa akan lebih luas, Dapat menumbuhkan kreatifitas, usaha, tanggung jawab, dan sikap mandiri siswa, serta memperkaya pengetahuan dan pengalaman siswa. 3) Hasil metode resitasi yaitu belajar siswa mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah yakni 80.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Adhelia Dhika Permatasari
Date Deposited: 05 Aug 2025 07:28
Last Modified: 05 Aug 2025 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48702

Actions (login required)

View Item View Item