Sholeh, Badrus (2025) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI MTS AL-FIRDAUS SUCI PANTI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI BADRUS SHOLEH (NIM. T20191496) .pdf Download (2MB) |
Abstract
Badrus Sholeh, 2025: Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata
Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII Menggunakan Model CIPP Di Mts Al-Firdaus
Suci Panti Jember
Kata Kunci: Evaluasi Implementasi, Kurikulum Merdeka, Model CIPP, Akidah
Akhlak
Kurikulum Merdeka diterapkan untuk memberikan fleksibilitas dalam
pembelajaran agar lebih sesuai dengan kebutuhan siswa. Mata pelajaran Aqidah
Akhlak berperan penting dalam pembentukan karakter, sehingga penelitian ini
mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Al-Firdaus Suci Panti
Jember menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Evaluasi
mencakup penerapan kurikulum, kesiapan sumber daya, proses pembelajaran, serta
hasil yang dicapai.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan implementasi
evaluasi context pada Kurikulum Merdeka mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas
VII di MTs Al-Firdaus Suci Panti Jember, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan
implementasi evaluasi input pada Kurikulum Merdeka mata pelajaran Aqidah
Akhlak Kelas VII di MTs Al-Firdaus Suci Panti Jember, (3) Untuk mengetahui
pelaksanaan implementasi evaluasi process pada Kurikulum mata pelajaran
Aqidah Akhlak Kelas VII di MTs Al-Firdaus Suci Panti Jember, (4) Untuk
mengetahui pelaksanaan implementasi evaluasi product pada Kurikulum mata
pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di MTs Al-Firdaus Suci Panti Jember, sesuai
dengan rumusan masalah yang ada.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan
kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran Aqidah
Akhlak, serta siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperkuat dengan triangulasi
teknik dan sumber, sehingga hasil penelitian lebih valid dan akurat dalam
menggambarkan implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi context didukung lingkungan
belajar yang kondusif dan perencanaan kolaboratif, (2) Evaluasi input
menunjukkan kesiapan sumber daya yang baik, didukung guru kompeten dan
siswa yang antusias, (3) Evaluasi process mencerminkan pembelajaran terstruktur
dan holistik dengan pendekatan student-centered, (4) Evaluasi product
menunjukkan tercapainya tujuan pembelajaran secara signifikan, baik dari aspek
akademik maupun pembentukan karakter siswa. Dengan demikian, implementasi
Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di MTs Al-
Firdaus terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Badrus Sholeh |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 04:00 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 04:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |