EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI MTS AL-FIRDAUS SUCI PANTI JEMBER

Sholeh, Badrus (2025) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI MTS AL-FIRDAUS SUCI PANTI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI BADRUS SHOLEH (NIM. T20191496) .pdf

Download (2MB)

Abstract

Badrus Sholeh, 2025: Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata

Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII Menggunakan Model CIPP Di Mts Al-Firdaus

Suci Panti Jember

Kata Kunci: Evaluasi Implementasi, Kurikulum Merdeka, Model CIPP, Akidah

Akhlak

Kurikulum Merdeka diterapkan untuk memberikan fleksibilitas dalam

pembelajaran agar lebih sesuai dengan kebutuhan siswa. Mata pelajaran Aqidah

Akhlak berperan penting dalam pembentukan karakter, sehingga penelitian ini

mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Al-Firdaus Suci Panti

Jember menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Evaluasi

mencakup penerapan kurikulum, kesiapan sumber daya, proses pembelajaran, serta

hasil yang dicapai.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan implementasi

evaluasi context pada Kurikulum Merdeka mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas

VII di MTs Al-Firdaus Suci Panti Jember, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan

implementasi evaluasi input pada Kurikulum Merdeka mata pelajaran Aqidah

Akhlak Kelas VII di MTs Al-Firdaus Suci Panti Jember, (3) Untuk mengetahui

pelaksanaan implementasi evaluasi process pada Kurikulum mata pelajaran

Aqidah Akhlak Kelas VII di MTs Al-Firdaus Suci Panti Jember, (4) Untuk

mengetahui pelaksanaan implementasi evaluasi product pada Kurikulum mata

pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di MTs Al-Firdaus Suci Panti Jember, sesuai

dengan rumusan masalah yang ada.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan

data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan

kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran Aqidah

Akhlak, serta siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik reduksi data,

penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperkuat dengan triangulasi

teknik dan sumber, sehingga hasil penelitian lebih valid dan akurat dalam

menggambarkan implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi context didukung lingkungan

belajar yang kondusif dan perencanaan kolaboratif, (2) Evaluasi input

menunjukkan kesiapan sumber daya yang baik, didukung guru kompeten dan

siswa yang antusias, (3) Evaluasi process mencerminkan pembelajaran terstruktur

dan holistik dengan pendekatan student-centered, (4) Evaluasi product

menunjukkan tercapainya tujuan pembelajaran secara signifikan, baik dari aspek

akademik maupun pembentukan karakter siswa. Dengan demikian, implementasi

Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di MTs Al-

Firdaus terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Badrus Sholeh
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:00
Last Modified: 05 Aug 2025 04:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48705

Actions (login required)

View Item View Item