Fauzi, Imron and Royani, Ahmad (2025) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN. PT Mafy Media Literasi Indonesia, Sumatera Barat. ISBN 978-634-220-141-1
![]() |
Text
Buku SISTEM INFORMAN MANAJEMEN PENDIDIKAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan memiliki peran strategis dalam membekali mahasiswa, pendidik, dan tenaga kependidikan dengan pengetahuan serta keterampilan dalam mengelola data dan informasi pendidikan secara efektif. Di era digital yang terus berkembang, institusi pendidikan membutuhkan sistem yang mampu mengintegrasikan berbagai aspek, seperti administrasi, pembelajaran, dan evaluasi. Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang bagaimana teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akurasi dalam pengelolaan pendidikan. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya memahami konsep dasar sistem informasi, tetapi juga mampu merancang serta mengimplementasikan solusi berbasis teknologi untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.
Selain itu, buku ini menjadi landasan penting dalam mencetak pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten di era digital. Kemampuan memanfaatkan teknologi informasi dalam manajemen pendidikan kini menjadi salah satu kualifikasi utama yang dibutuhkan berbagai institusi. Dengan pemahaman yang baik terhadap aspek teknis dan strategis sistem informasi, mahasiswa diharapkan mampu menghadapi berbagai tantangan, seperti pengelolaan data kompleks, keamanan informasi, serta adaptasi terhadap perkembangan teknologi baru. Buku ini juga mendorong pembaca berpikir kritis dan inovatif dalam menciptakan sistem yang tidak hanya efisien, tetapi juga selaras dengan visi dan misi pendidikan yang inklusif serta berkelanjutan.
Buku ini menekankan pentingnya pelatihan dan pengembangan kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam penggunaan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIM). Teknologi yang canggih tidak akan optimal tanpa pemahaman mendalam dari penggunanya. Oleh karena itu, investasi dalam program pelatihan menjadi bagian tak terpisahkan dari strategi implementasi SIM guna memastikan keberlanjutan serta manfaat jangka panjang teknologi tersebut.
Dengan menyajikan analisis mendalam dan contoh implementasi nyata, buku ini diharapkan dapat mendorong inovasi serta transformasi dalam manajemen pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan SIM yang optimal diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan nasional agar dapat bersaing di tingkat global. Melalui buku ini, tim penulis dari Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN KHAS Jember berkomitmen menginspirasi lebih banyak institusi pendidikan untuk mengambil langkah proaktif dalam menghadapi era digital. Referensi yang digunakan dalam buku ini diperkuat oleh jurnal-jurnal terbaru dan relevan, menjadikannya sumber bacaan yang kredibel serta mutakhir bagi para pembaca.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Imron Fauzi |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 06:51 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 06:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48743 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |