utomo, mokhamat aziz tri (2022) PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA BLEANDED LEARNING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Mokhamat Aziz Tri Utomo_T2011092.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mokhamat Aziz Tri Utomo, 2021 : Penggunaan Teknologi Digital Dalam Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Rambipuji
Kata kunci : Teknologi Digital, Blended Learning
Penggunaan teknologi dalam Pendidikan snegat lah penting dalam mengembangkan dan juga menunjang proses pembelajaran. Di masa pandemic kegiatan pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka sehingga pembelajran dinalhikan dengan menggunakan teknologi sehingga penggunaan teknologi masih terkenadala dengan banyak persoalan.
Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penggunaan mobile pada blended learning mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMPN 2 Rambi Puji Kab. Jember? 2.Bagaaimana penggunaan sosial media pada blended learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Rambipuji Kab. Jember ? 3.Bagaimana penggunan virtual learning pada blended learning maata pelajaran Pendidikan agama islam di SMPN 2 rambi puji Kab, Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan pengguanaan mobile pada blended leraning mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 2 rambipuji kab. Jember. 2. Untuk mendeskripsikan penggunaan sosial media pada blended learning mata pelajaran pendidikan agama islam di smpn 2 rambipuji kab. Jember 3.Untuk mendeskripsikan penggunan virtual learning pada blended learning mata pelajaran pendidikan agama islam di smpn 2 rambipuji Kab, jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapnagan (field research), penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokument. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil kesimpulan dari penelitian ini ialah 1. Penggunaan mobile/smartphone pada blended learning mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Rambipuji digunakan dalam pembelajaran blended lerning atau pembelajaran campuran yang didalamnya memiliki penemuan pada sisi positif yang pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan juga akses pembelajaran yang tidak terbatas, dalam sisi negatifnya. Nilaikarakter dan juga adab dalam pembelajaran kurang tertanam dengan betul serta evaluasi yang kurang maksimal dalam pembelajran jarak jauh. 3.Penggunaan media social pada blended learning mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Rambipuji. Mempunyai dampak positif dan juga negatif dampak positif dari pembelajaran campuran ini peserta didik akan peka terhadap tanggung jawab yang di emban sebagi pembelajaran atau usia belajar sehingga teknologi yang di gunakan dapat dimanfaatkan. Dampak negatifnya peserta didik enggan berinteraksi dalam dunia nyata dikarenakan lebih berfokus pada dunia maya. 4. Penggunaan virtual pada blended learning mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Rambipuji. Adapun ditemukannya dua komponen yaitu pembelajaran yang diaplikasikan dalam pendidikan agama islam dan pembelajaran campuran atau blended learning pada yang dapat disimpulakan ialah penggunaan virtual ini hanya untuk penanggulangan dalam dunia pembelajaran yang selalu diawasi dan di bimbing oleh orang tua. Dan pada anak usia yang menginjak dewasa. Pada pembelajaran yang di laksanakan di SMP Negeri 2 Rambipuji perlu adanya pengawasan dan peran aktif orang tua serta teknologi yang memadai dari setiap peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aziz Tri Utomo |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 06:55 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 06:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4878 |
Actions (login required)
View Item |