Alfiyah, Siti (2025) KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM KEMASAN AL QODIRI DI JEMBER. Doctoral thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
Disertasi Final Baru - Siti Alfiyah (1)_watermark.pdf Download (40MB) |
Abstract
ABSTRAK
Alfiyah, Siti. 2025. Keputusan Pembelian Air Minum Kemasan Al Qodiri di
Jember. Disertasi. Program Studi Islam Pascasarjana Universitas Islam
Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Promotor : Prof. Dr. H. Babun
Suharto, S.E., M.M., CCGS Co-Promotor: Dr. Hj. Nurul Widyawati
Islami Rahayu, S.Sos., M.Si
Kata Kunci: Keputusan pembelian, faktor sosial, faktor psikologis
Keputusan pembelian menjadi bagian penting bagi seorang konsumen
dalam memilih sebuah produk. Salah satu faktor penentu keputusan konsumen
dalam melakukan keputusan pembelian adalah faktor keberkahan dan kepatuhan
pada nilai-nilai Islam. Hal ini juga dilakukan oleh para konsumen air minum
kemasan Al Qodiri. Mereka memilih produk Al Qodiri karena air kemasan
tersebut diproduksi oleh Pondok Pesantren yang diyakini memiliki nilai-nilai
keberkahan dalam kehidupan mereka. Fokus penelitian dalam disertasi ini adalah:
1) Bagaimana preferensi konsumen berdasarkan segmentasi pasar? 2) Apa saja
faktor sosial dan psikologis konsumen yang menentukan keputusan pembelian air
minum kemasan Al Qodiri? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk
mengembangkan preferensi konsumen berdasarkan segmentasi pasar dengan
fokus pada atribut produk, konsekuensi dari penggunaan produk, dan nilai yang
dirasakan oleh konsumen, 2) untuk menemukan faktor sosial dan psikologis
konsumen pada keputusan pembelian air minum kemasan Al Qodiri
Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis deskriptif.
Lokasi penelitian berada di PT. Tujuh Impian Bersama di Kabupaten Jember.
Informan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara
deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka temuan
dari penelitian ini adalah pertama, preferensi konsumen berdasarkan segmentasi
pasar didasarkan pada produk yang berkualitas, kehalalan produk, keberkahan
produk, kebersihan produk, harga terjangkau dan kemudahan akses. Temuan ini
memperkuat Theory Planned Behavior oleh Ajzen tentang model psikologis yang
mempridiksi dan menjelaskan perilaku manusia pada norma subyektif melalui
nilai-nilai Islam. Nilai spiritual yang tercipta dari prefensi konsumen juga
memberikan tambahan tingkatan pada teori hierarki kebutuhan Maslow dengan
tingkatan spiritual need. Kedua, faktor sosial pada keputusan pembelian air
minum kemasan Al Qodiri berupa intervensi keluarga, teman dan media sosial.
Sedangkan faktor psikologis pada keputusan pembelian berupa motivasi
pemenuhan kebutuhan dasar, rasa aman, rasa tidak melanggar aturan agama,
kualitas dan kesehatan produk air minum kemasan Al Qodiri.
vi
ABSTRACT
Alfiyah, Siti. 2025. The Purchasing Decision of Al Qodiri Bottled Water in
Jember. Dissertation. Islamic Studies. Doctoral Program of UIN KHAS
Jember. Advisor I: Prof. Dr. H. Babun Suharto, S.E., MM. CCGS
Advisor II: Dr. Hj. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos., M.Si
Key Words: Purchase Decision, Social Factors, Psychological Factors
Purchase decisions are a crucial part of a consumer’s process in selecting a
product. One of the determining factors in consumer decision-making is the sense of
blessing and adherence to Islamic values. This is also the case for consumers of Al
Qodiri bottled drinking water. They choose Al Qodiri products because the water is
manufactured by an Islamic boarding school (Pondok Pesantren), which they believe
carries spiritual blessings into their lives. Therefore, this dissertation focuses on the
following: (1) What are consumer preferences based on market segmentation? (2)
What social and psychological factors influence consumers’ decisions to purchase Al
Qodiri bottled water? The objectives of this study are: (1) to develop consumer
preferences based on market segmentation, focusing on product attributes, usage
consequences, and the perceived values of consumers; and (2) to identify the social
and psychological factors influencing the purchase decisions of Al Qodiri bottled
drinking water.
The research approach employed a qualitative descriptive method. The study
was conducted at PT. Tujuh Impian Bersama in Jember Regency. Informants were
selected purposively. Data were collected through observation, interviews, and
documentation. The data were analyzed descriptively, and data validity was ensured
through source and technique of triangulation.
The research findings are as follows: First, consumer preferences based on
market segmentation are influenced by product quality, product halal certification,
spiritual blessings, cleanliness, affordable pricing, and ease of access. These findings
reinforce the Theory of Planned Behavior by Ajzen in the context of subjective
norms through Islamic values. The spiritual values emerging from consumer
preferences also contribute an additional level to Maslow’s hierarchy of needs,
namely the 'spiritual need'. Second, social factors influencing purchasing decisions
include interventions from family, friends, and social media. Meanwhile,
psychological factors include motivation to meet basic needs, a sense of security,
adherence to religious principles, and perceptions of the quality and health benefits
of Al Qodiri bottled water
vii
viii
واﻟ ﺸ ﻌ ﻮ ر
ﻷ
ﻣ ﺎ ن ، و ﺟ ﻮ د ة و ﺻ ﺤ ﺔ ﻣﻨﺘ ﺠ ﺎ ت ﻣﻴﺎﻩ اﻟ ﺸ ﺮ ب "اﻟﻘ ﺪ ﻳﺮ ي
".
اﻻ ﺟﺘﻤﺎﻋ ﻲ . وأﻣﺎ اﻟﻌﻮاﻣ ﻞ اﻟﻨﻔ ﺴﻴﺔ ﻓﻬ ﻲ ﻋﻠﻰ ﻗﺮار اﻟﺸ ﺮاء ﰲ ﺷ ﻜ ﻞ اﻟﺪاﻓﻊ ﻟﺘﻠﺒﻴﺔ اﻻ ﺣﺘﻴﺎﺟﺎ ت اﻷ ﺳﺎﺳﻴﺔ،
و)2 ( ﻫﻨﺎ ك ﻋ ﻮاﻣ ﻞ اﺟ ﺘﻤﺎﻋﻴﺔ ﻟﻘﺮار اﻟ ﺸ ﺮاء ﰲ ﺷ ﻜ ﻞ ﺗﺪ ﺧ ﻼ ت اﻷ ﺳ ﺮة واﻷ ﻗﺮان وو ﺳ ﺎﺋﻞ اﻟﺘﻮاﺻ ﻞ
ﺗﻘ ﺴ ﻴﻢ اﻟ ﺴ ﻮ ق ﰲ ﺷﻜ ﻞ ﻣﻨﺘ ﺠ ﺎ ت ذات ﺟ ﻮدة ﻋﺎﻟﻴﺔ، وﻧﻈ ﺎﻓﺔ اﳌﻨﺘ ﺞ ، وأ ﺳ ﻌﺎر ﻣﻌﻘ ﻮﻟﺔ و ﺳ ﻬ ﻮﻟﺔ اﻟﻮ ﺻ ﻮ ل .
أﻣﺎ ﻧﺘﺎﺋ ﺞ اﻟﺒ ﺤ ﺚ اﻟ ﱵ ﺣ ﺼ ﻠ ﺖ ﻋﻠﻴﻬﺎ اﻟﺒﺎ ﺣ ﺜﺔ ﻓﻬ ﻲ : )1( أن ﺗﻔﻀﻴﻼت اﳌﺴﺘﻬﻠﻜﲔ ﺑﻨﺎء ً ﻋﻠﻰ
اﻟﺒﻴ ﺎ
ت
ﲨﻊ اﻟ
ﺑ ﻴﻨ ﻤ ﺎ ﻳ ﺴ ﺘ ﺨ ﺪ م ﲢ ﻠﻴ ﻞ اﻟﺒﻴﺎ ت ﻃ ﺮﻳ ﻘ ﺔ ﻣ ﺎﻳﻠ ﺰ ﻫ ﻮﺑ ﲑ ﻣ ﺎ ن.
ﺒﻴﺎت ﺗﺸﻤﻞ اﳌﻘﺎﺑﻼ ت واﳌﻼﺣﻈﺔ وا
ﻟﺘﻮﺛ
ﻴﻖ واﺳﺘﺨﺪام ا
ﻟﺘﺜ
ﻠﻴﺚ ﻟﻠﻤﺼﺎدر وا
ﻟﺘﻘﻨ
ﻴﺎت ﻻﺧﺘﺒﺎر ﺻﺤﺔ
اﳌ ﺴ ﺘ ﻬ ﻠ ﻜ ﲔ ﺣ ﻮ ل اﻟﺘﻔ ﻀ ﻴ ﻼ ت واﻟﻌ ﻮاﻣ ﻞ ا ﻻ ﺟ ﺘ ﻤ ﺎ ﻋ ﻴﺔ واﻟﻨﻔ ﺴ ﻴﺔ ﻋ ﻠ ﻰ ﻗﺮارا ت اﻟ ﺸ ﺮاء ﳌﻴﺎﻩ اﻟ ﺸ ﺮ ب . ﺗﻘﻨﻴﺎ ت
اﺳﺘﺨ ﺪﻣ ﺖ اﻟﺒﺎﺣﺜﺔ ﰲ ﻫﺬا اﻟﺒﺤ ﺚ اﳌﻨﻬ ﺞ اﻟﻜﻴﻔﻲ اﻟﻮ ﺻ ﻔﻲ ﻻﺳﺘﺨﺮ
اج ﻣﻌﻠﻮﻣﺎت ﻣﺘﻌﻤﻘﺔ ﻣﻦ
اﻟ ﻌ ﻮا ﻣ ﻞ ا ﻻ ﺟ ﺘ ﻤ ﺎ ﻋ ﻴ ﺔ واﻟﻨ ﻔ ﺴ ﻴ ﺔ اﻟ ﱵ ﺗ ﺆﺛ ﺮ ﻋ ﻠ ﻰ ﻗ ﺮا را ت اﻟ ﺸ ﺮا ء ﳌ ﻴﺎ ﻩ اﻟ ﺸ ﺮ ب.
اﻟ ﱰﻛ ﻴ ﺰ ﻋ ﻠ ﻰ ﲰ ﺎ ت اﳌﻨﺘ ﺞ ، و ﻋ ﻮاﻗ ﺐ ا ﺳ ﺘ ﺨ ﺪام اﳌﻨﺘ ﺞ ، واﻟ ﻘ ﻴ ﻤ ﺔ اﳌ ﺪ رﻛ ﺔ ﻣ ﻦ ﻗﺒ ﻞ اﳌ ﺴ ﺘ ﻬ ﻠ ﻜ ﲔ ؛ و )2 ( ﲢ ﻠﻴﻞ
ﻳﻬ ﺪ ف ﻫ ﺬا اﻟﺒ ﺤ ﺚ إﱃ )1 ( ﲢﻠﻴﻞ ﺗﻔ ﻀ ﻴ ﻼ ت اﳌ ﺴ ﺘﻬﻠﻜ ﲔ أﺳﺎﺳﺎ ﻋﻠﻰ ﺗﻘ ﺴ ﻴﻢ اﻟﺴ ﻮ ق ، ﻣﻊ
و)2 ( ﻣﺎ ﻫ ﻲ اﻟﻌﻮاﻣ ﻞ اﻻ ﺟ ﺘﻤﺎﻋﻴﺔ واﻟﻨﻔ ﺴ ﻴﺔ اﻟ ﱵ ﺗﺆﺛﺮ ﻋﻠ ﻰ ﻗﺮار اﻟ ﺸ ﺮاء ﳌﻴﺎﻩ اﻟ ﺸ ﺮ ب ؟
ﳏﻮر ﻫﺬا اﻟﺒﺤ ﺚ ﻫﻮ )1 ( ﻛﻴ ﻒ ﲣﺘﻠ ﻒ ﺗﻔ ﻀ ﻴ ﻼ ت اﳌ ﺴ ﺘﻬﻠﻜ ﲔ أﺳﺎﺳﺎ ﻋﻠﻰ ﺗﻘ ﺴ ﻴﻢ اﻟﺴ ﻮ ق ؟
ﻋﻠﻰ ﻗﺮار اﳌ ﺴ ﺘﻬﻠﻜ ﲔ ﰲ اﲣﺎذ ﻗﺮار اﻟﺸ ﺮاء.
ﺧﺼﺎﺋﺺ إﺳﻼﻣﻴﺔ. ﺗ
ﻌﺘﱪ ﺟﻮا
ﻧﺐ اﻟﱪﻛﺔ أو اﻻﻟ
ﺘﺰ
ام ﲟﺒ
ﺎدئ اﻻﻗ
ﺘﺼﺎد اﻹﺳﻼﻣﻲ أﺣﺪ ا
ﻟﻌﻮ
اﻣﻞ ا
ﻟﱵ ﺗﺆﺛﺮ
"اﻟـﻘ ﺎ د ر ي " ﻣ ﻦ إ ﺣ ﺪ ى اﻟ ﺸ ﺮﻛ ﺎ ت اﳌﻨﺘ ﺠ ﺔ ﳌﻴﺎﻩ اﻟ ﺸ ﺮ ب اﳌﻌﺒﺄة ﰲ ﲨ ﱪ ، ﺣ ﻴ ﺚ ﺗﻘ ﺪ م ﻗﻴﻤ ﺎ ﳏ ﻠﻴﺔ واﻟﺬ ي ﻟﺪ ﻳﻪ
ﻛﺎن ﻗﺮار ﺷﺮاء ﻣﻴﺎﻩ اﻟﺸ ﺮ ب اﳌﻌﺒﺄة ﻟﻌ ﻼ ﻣﺔ ا ﳊ ﻼ ل ﻳﻌﺘ ﱪ ﻣ ﻦ ا ﻷ ﻣ ﻮر ا ﻷ ﺳ ﺎ ﺳ ﻴﺔ ﻟﻠﻤ ﺴ ﻠﻤ ﲔ . وﺗﻌ ﺪ
اﻟ ﻜ ﻠ ﻤ ﺎ ت اﻟ ﺮﺋﻴ ﺴ ﻴ ﺔ : ﻗﺮار اﻟ ﺸ ﺮاء، اﻟﻌﻮاﻣ ﻞ اﻻ ﺟ ﺘﻤﺎﻋﻴﺔ، اﻟﻌﻮاﻣ ﻞ اﻟﻨﻔ ﺴ ﻴﺔ
إﺳ ﻼ ﻣﻲ رﺣﺎﻳﻮ اﳌﺎﺟ ﺴﺘﲑ
)
1
( اﻻ ﺳ ﺘﺎذ اﻟﺪ ﻛ ﺘﻮر اﳊ ﺎ ج ﺑﻮ ن ﺳ ﻮﻫﺎرﺗﻮ اﳌﺎ ﺟ ﺴ ﺘﲑ ، و)2 ( اﻟﺪ ﻛﺘﻮرة اﳊ ﺎ ﺟ ﺔ ﻧﻮرو ل وﻳﺪ وا ﰐ
اﻟ ﺪ را ﺳ ﺎ ت اﻟ ﻌ ﻠﻴﺎ ﲜ ﺎ ﻣ ﻌ ﺔ اﻟ ﻜ ﻴﺎ ﻫ ﻲ ا ﳊ ﺎج أ ﲪ ﺪ ﺻ ﺪ ﻳ ﻖ ا ﻹ ﺳ ﻼ ﻣ ﻴ ﺔ ا ﳊ ﻜ ﻮ ﻣ ﻴ ﺔ ﲜ ﻤ ﱪ . ﲢ ﺖ اﻟ ﱰ وﻳ ﺞ
اﳍ ﺮﻣ ﻲ ﻟﻠ ﺴ ﻤﺎ ت-اﻟ ﻌ ﻮاﻗ ﺐ- اﻟ ﻘ ﻴ ﻤ ﺔ . رﺳﺎﻟﺔ اﻟﺪﻛﺘﻮراﻩ ﺑﻘﺴ ﻢ اﻟ ﺪ را ﺳ ﺔ اﻹ ﺳ ﻼ ﻣﻴﺔ. ﺑﺮﻣ ﺞ
ﺳﱵ أﻟﻔﻴﺔ،
2015
.
ﲢ ﻠﻴ ﻞ
ﳏ
ﺪ دا ت ﻗﺮار ﺷ ﺮاء اﳌﻴﺎﻩ اﳌﻌ ﺪﻧﻴﺔ "اﻟﻘ ﺪﻳﺮ ي "
ﺳ
ﺘ
ﺨ
ﺪام ﳕ ﻮذ ج اﻟﺘ ﺴ ﻠ ﺴ ﻞ
ﻣﻠ ﺨ ﺺ اﻟﺒ ﺤ ﺚ
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation |
Divisions: | Program Doktoral > Studi Islam |
Depositing User: | siti alfiyah |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:53 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 06:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |