Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Semboro Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

KHOFIYATUL UYUN, - (2021) Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Semboro Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
KHOFIYATUL UYUN_T20153063.pdf

Download (4MB)

Abstract

Khofiyatul Uyun, 2020: Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Semboro Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Manajemen Strategi Kepala Madrasah merupakan faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan dalam Peningkatan Mutu di Madrasah, Pendidikan bermutu merupakan kunci untuk membangun manusia yang berkompeten, oleh karna itu berbagai lembaga pendidikan berusaha untuk meningkatkan mutu lembaganya Fokus penelitian dalam penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana Perencanaan strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Semboro Jember 2018/2019 2) Bagaimana Pelaksnaan Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Semboro Jember 2018/2019 3) Bagaimana Evaluasi Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Semboro Jember 2018/2019 Tujuan Penelitian ini diadakan untuk 1) Mendeskripsikan perencanaan strategi kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Semboro Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan pelaksnaan strategi kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Semboro Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Mendeskripsikan Evaluasi strategi kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Semboro Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Nurul Huda Dusun songon Desa Pondok Joyo Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Subyek penelitian ini meliputi Kepala Madrasah, Waka Humas dan guru. Teknik Pengumpulan data yang digunakan beruapa observasi partisipatif pasif, metode wawancara yang digunakan menggunakan semiterstuktur. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data model Miles and Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penbliti menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil dari penelitian ini, 1) Perencanaan strategi kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Semboro Jember yakni: a) Perumusan visi, misi, dan tujuan,b) identifikasi faktor internal dan eksternal melalui teknik analisis SWOT, c) perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang, serta d) menentukan strategi unggul dalam meningkatkan mutu pendidikan. 2) Pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Semboro Jember yakni: menentukan kebijakan madrasah, memotivasi pendidik dan tenaga kependidikan, mengalokasikan sumber daya manusia, serta mengembangkan budaya madrasah. Hasil pelaksanaan manajemen strategik yang dihasilkan di MA Nurul huda yaitu meningkatnya kinerja sumber daya manusia, proses pembelajaran yang efektif, meningkatnya prestasi siswa, meningkatnya standar kompetensi siswa, dan daya tarik masyarakat tinggi. 3) Evaluasi strategi kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Semboro Jember yaitu memonitor seluruh hasil kegiatan dari perencanaan dan pelaksanaan manajemen strategik, mengukur kinerja individu dan madrasah, serta mengambil langkah perbaikan. Kata Kunci : Manajemen Strategi Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:29
Last Modified: 24 Mar 2022 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4885

Actions (login required)

View Item View Item