Pengembangan Handout Bergambar dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda Berdasarkan Karakteristiknya di SMP/MTs Kelas VII

Shima Danifatus Sunnah, - (2020) Pengembangan Handout Bergambar dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda Berdasarkan Karakteristiknya di SMP/MTs Kelas VII. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Shima Danifatus Sunnah_T201610040.pdf

Download (22MB)

Abstract

Shima Danifatus Sunnah, 2020: Pengembangan Handout Bergambar dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda Berdasarkan Karakteristiknya di SMP/MTs Kelas VII. Kata kunci: Handout bergambar, pengembangan, dan scaffolding. Produk pengembangan berupa handout bergambar dengan pendekatan scaffolding pada materi klasifikasi dan benda berdasarkan karakteristiknya di SMP/MTs kelas VII ini dilatarbelakangi dari beberapa permasalahan peserta didik, yaitu 1) buku ajar yang tidak disertai dengan gambar jelas dan berwarna (hitam putih), sehingga menyebabkan kejenuhan dan kemalasan saat belajar, 2) Kurangnya pemahanan terhadap kompleksitas materi klasifikasi makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristiknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana validitas handout bergambar dengan pendekatan scaffolding pada materi klasifikasi makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristiknya di SMP/MTs Kelas VII?, dan 2) Bagaimana respon peserta didik terhadap handout bergambar dengan pendekatan scaffolding pada materi klasifikasi makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristiknya di SMP/MTs Kelas VII?. Kemudian tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan validitas handout bergambar dengan pendekatan scaffolding pada materi klasifikasi makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristiknya di SMP/MTs Kelas VII, dan 2) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap handout bergambar dengan pendekatan scaffolding pada materi klasifikasi makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristiknya di SMP/MTs Kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) yang mengacu pada model penelitian pengembangan 4-D (define, design, develop, dan dessiminate) Thiagarajan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket validasi dan angket respon peserta didik. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi lapangan. Uji coba pengembangan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan dilakukan melalui dua tahapan yaitu uji coba skala kecil yang terdiri dari 6 peserta didik dan uji coba skala besar yang terdiri dari 25 peserta didik. Berdasarkan hasil validasi dari para ahli terhadap handout bergambar dengan pendekatan scaffolding, menujukkan bahwa penilaian dari ahli materi sebesar 90,97%, penilaian ahli media sebesar 97,14%, dan penilaian dari praktisi lapangan sebesar 82,69%. Dalam hal ini diperoleh presentase rata-rata dari penilaian para ahli sebesar 89,75%, yang artinya masuk dalam kategori “Sangat Valid” dan layak untuk diujicobakan kepada peserta didik. Selanjutnya, uji coba skala kecil diperoleh presentase rata-rata sebesar 90,41%. Kemudian dilanjutkan uji coba skala besar dan diperoleh presentase rata-rata sebesar 87,81% yang artinya “Sangat Menarik” dan layak digunakan sebagai bahan ajar penunjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:29
Last Modified: 24 Mar 2022 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4889

Actions (login required)

View Item View Item