Safitri, Devi (2025) Penetapan Tarif Jasa Agen Bank Mandiri Berdasarkan Prinsip-Prinsip Iqzath Di Desa Sumber Pakem. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
|
Text
Skripsi_Devi_Safitri.pdf Download (3MB) |
Abstract
Agen Bank Mandiri merupakan layanan Bank Mandiri di mana Bank
Mandiri menjalin kerjasama dengan nasabah Bank Mandiri sebagai agen yang
dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online yang
merupakan fitur EDC mini ATM Bank Mandiri dengan konsep sharing fee.
Peneliti melakukan pengamatan pada agen Bank Mandiri Desa Sumber Pakem
Kecamatan Sumber Jambe. Alasan peneliti memilih lokasi atau wilayah tersebut
karena peneliti telah melakukan observasi dan wawancara terhadap salah satu
agen Bank Mandiri di Desa Sumber Pakem dan cukup mengetahui kondisi
perkembangan tentang agen Bank Mandiri yang menjadi tujuan penelitian.
Terdapat 4 agen Bank Mandiri di Desa Sumber Pakem ini yang masing-masing
agen dalam menentukan tarif jasa berbeda-beda.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penetapan tarif jasa agen Bank
Mandiri di Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumber Jambe dan 2) Bagaimana
penetapan tarif jasa agen Bank Mandiri berdasarkan prinsip-prinsip Iqzath di Desa
Sumber Pakem Kecamatan Sumber Jambe.
Peneliti ini bertujuan: 1) untuk mengetahui penetapan tarif jasa agen Bank
Mandiri di Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumber Jambe dan, 2) untuk
mengetahui penetapan tarif jasa agen Bank Mandiri berdasarkan prinsip-prinsip
Iqzath di Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumber Jambe.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif atau penelitian lapangan (field research) karena penelitian
dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk memperluas dalam
penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Penetapan tarif jasa agen Bank
Mandiri Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumber Jambe tidak ada ketentuan
nominal biaya administrasi dari Bank Mandiri yang dikenakan kepada agen Bank
Mandiri, hanya saja Bank Mandiri memberikan biaya tarif standar dengan agen
Bank Mandiri sedangkan untuk tambahan biaya administrasi secara penuh sudah
diserahkan pada masing-masing agen Bank Mandiri, sehingga agen Bank Mandiri
dapat mencapai target minimal 100 kali transaksi dalam sebulan sesuai dengan
ketentuan Bank Mandiri dan. 2) Penetapan tarif jasa agen Bank Mandiri
berdasarkan prinsip-prinsip iqzath dalam mengambil keuntungan sudah sesuai
syariat. Meskipun sebagian nasabah ada yang merasa kecewa terhadap perbedaan
tarif, kekecewaan tersebut bukan karena adanya ketidakjujuran, tetapi karena
menurut agen tarif jasa yang dikenakan itu termasuk variatif dan nasabah juga
tidak masalah terkait perbedaan tarif jasa tersebut karna setiap agen memiliki
perhitungan biaya sendiri berdasarkan operasionalnya. Beliau tetap merasa tarif
tersebut masih sesuai karena pelayanannya cepat dan transparan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah |
| Depositing User: | Devi Safitri |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 08:22 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 08:22 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
