Dian Fitria Primadani, - (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Negeri Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Dian Fitria Primadani_T20161201.pdf Download (11MB) |
Abstract
Dian Fitria Primadani, 2021: Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Negeri Banyuwangi. Kata Kunci : Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus. Latar belakang penelitian ini adalah dalam kehidupan manusia pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting terutama pendidikan agama Islam. Pendidikan agama Islam tidak hanya diberikan kepada anak yang mempunyai kelengkapan fisik saja, akan tetapi juga diberikan kepada anak yang mempunyai kelainan dan kekurangan fisik atau mental. Fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB Negeri Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB Negeri Banyuwangi? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB Negeri Banyuwangi? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan teknik pengumpulan data: Observasi partisipasi pasif, Wawancara semi terstuktur, dan Dokumenasi. Keabsahan data pada penelitian ini ada dua macam: Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik. Semua data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Dalam perencanaan pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB Negeri Banyuwangi yaitu menyusun silabus dan RPP. Untuk penyusunan perangkat RPP dibuat dengan cara memodifikasi (menurunkan) kompetensi dasarnya (KD) dari silabus pusat dengan menyesuaikan kondisi dan kemampuan peserta didik. Silabus dan RPP yang dibuat sesuai dengan prosedur dari pemerintah yaitu menggunakan kurikulum 2013. 2) Untuk pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB Negeri Banyuwangi yang dilakukan oleh guru PAI dalam penyampaian materi yaitu menggunakan aplikasi whatsapp dan youtube. materi yang diberikan selama pembelajaran daring ini berupa rekaman audio dan berupa video yang didownload dari youtube terkait materi yang akan dipelajari, dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring ini peserta didik tunanetra dapat mengoperasikan HP secara mandiri dengan menggunakan aplikasi talkback (pembaca layar) yang sangat membantu peserta didik tunanetra dalam mengoperasikan HP selama pelaksanaan pembelajaran daring ini. 3) Evaluasi pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB Negeri Banyuwangi. Pada evaluasi pembelajaran PAI menggunakan penilaian jenis tes tulis dan tes lisan. Terkait tes lisan soal yang diberikan berbentuk word atau tulisan, jika HP peserta didik tidak mampu mambaca soal yang berbentuk file atau tulisan maka upaya guru PAI yang dilakukan yaitu dengan menelepon atau video call melalui whatsapp dengan peserta didik, kemudian membacakan soalnya dan peserta didik menjawab langsung kemudian guru PAI yang mengisi atau menyoreti jawabanya tersebut. Terkait tes lisan yang diberikan berupa hafalan-hafalan terkait materi yang telah dipelajari seperti menghafalkan surahsurah dan lainnya melalui online
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:29 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4890 |
Actions (login required)
View Item |