Model ARCS Dalam Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di MI Raudhatul Jannah Jenggawah Jember

Azizah, Faiqotul Isma (2025) Model ARCS Dalam Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di MI Raudhatul Jannah Jenggawah Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faiqotul Isma Azizah_233206040008.pdf

Download (7MB)

Abstract

Faiqotul Isma Azizah, 2025: Model ARCS dalam Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di MI Raudhatul Jannah Jenggawah Jember. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana UIN KHAS Jember. Pembimbing I: Dr. H. Saihan, S.Ag., M.Pd.I dan Pembimbing II: Dr. Mu’alimin, S. Ag., M.Pd.I

Kata kunci: Model ARCS, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Pembelajaran berbasis P5 dalam Kurikulum Merdeka menuntut siswa aktif, kreatif, dan terlibat secara utuh dalam proses belajar. Namun, hasil observasi awal di MI Raudhatul Jannah menunjukkan bahwa lebih dari separuh siswa cenderung pasif, hanya sekitar 30% yang berani mengemukakan pendapat, dan sebagian mengaku bosan mengikuti kegiatan pembelajaran P5. Kondisi ini mengindikasikan adanya kesenjangan antara tujuan P5 yang diharapkan dan kenyataan di lapangan, khususnya terkait motivasi, rasa percaya diri, dan keterlibatan siswa. Model ARCS (attention, relevance, confidence, satisfaction) dikembangkan untuk menumbuhkan motivasi belajar melalui pendekatan sistematis yang mengutamakan perhatian, relevansi, percaya diri, dan kepuasan.
Adapun fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana strategi menumbuhkan perhatian (attention) siswa pada pembelajaran P5 dengan menggunakan model ARCS? 2) Bagaimana relevansi (relevance) materi P5 terhadap minat dan kebutuhan siswa dalam pembelajaran berbasis ARCS? 3) Bagaimana model ARCS menumbuhkan rasa percaya diri (confidence) siswa dalam pembelajaran P5? 4) Bagaimana bentuk kepuasan (satisfaction) siswa dalam pembelajaran P5 menggunakan model ARCS?. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi menumbuhkan perhatian (attention) siswa pada pembelajaran P5 dengan menggunakan model ARCS, 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis relevansi (relevance) materi P5 terhadap minat dan kebutuhan siswa dalam pembelajaran berbasis ARCS, 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis model ARCS menumbuhkan rasa percaya diri (confidence) siswa dalam pembelajaran P5, 4) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk kepuasan (satisfaction) siswa dalam pembelajaran P5 menggunakan model ARCS.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus (case study). Teknik penentuan subjek penelitian yaitu menggunakan purposive sampling. Teknik pegumpulan data yang digunakan melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (data condensation, data display, data verifying). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member cek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Attention (perhatian) siswa tumbuh melalui strategi permainan, humor, penggunaan media visual interaktif dan sapaan personal di awal pembelajaran 2) Relevance (relevansi) diperkuat dengan mengaitkan materi P5 pada pengalaman sehari-hari siswa, budaya lokal, dan nilai-nilai Islam 3) Confidence (percaya diri) meningkat melalui pemberian tugas bertahap, pengalaman sukses kecil, dukungan emosional, dan apresiasi dari guru 4) Satisfaction (kepuasan) muncul dalam bentuk rasa bangga, senang, dan termotivasi kembali mengikuti P5 setelah memperoleh penghargaan simbolis, tepuk tangan, atau publikasi karya. Secara keseluruhan, penerapan model ARCS di MI Raudhatul Jannah efektif meningkatkan motivasi, keterlibatan dan pengalaman belajar bermakna siswa dalam pembelajaran P5.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Faiqotul Isma Azizah
Date Deposited: 14 Oct 2025 03:26
Last Modified: 14 Oct 2025 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48913

Actions (login required)

View Item View Item