PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLANETORIUM EDU TECH PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs

Difantara, Muhammad (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLANETORIUM EDU TECH PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Avan Difantara_221101100014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Planetorium EduTech, Sistem Tata Surya, Media pembelajaran digital
Materi sistem tata surya merupakan salah satu topik yang sering menjadi tantangan dalam proses pembelajaran IPA karena memuat konsep-konsep yang bersifat abstrak dan sulit divisualisasikan secara langsung oleh siswa. Ketidakmampuan siswa dalam membayangkan bentuk, ukuran, jarak, serta pergerakan benda-benda langit berdampak pada rendahnya pemahaman terhadap materi tersebut. Hasil observasi di MTs Islamiyah Tugung, Sempu, Banyuwangi, menunjukkan bahwa 72% siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem tata surya, sedangkan 92% siswa menyatakan lebih mudah memahami pelajaran apabila disertai media pembelajaran visual. Fakta ini menggambarkan bahwa siswa memiliki kecenderungan gaya belajar visual yang membutuhkan representasi nyata dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini difokuskan pada pengembangan dan evaluasi media pembelajaran berbasis website bernama Planetorium EduTech, yang dirancang khusus untuk materi sistem tata surya kelas VII SMP/MTs. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas dari media yang dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Uji coba dilakukan dalam dua tahap, yakni uji skala kecil yang melibatkan 10 siswa dan uji skala besar dengan 25 siswa. Penilaian keefektifan dilakukan melalui pemberian pre-test dan post-test pada kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa. Selain itu, dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna (siswa) untuk menilai kelayakan produk secara keseluruhan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Planetorium EduTech dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Validasi oleh ahli materi memperoleh skor 98,75%, ahli media 96%, dan ahli pengguna 98,75%, seluruhnya masuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji coba menunjukkan respon siswa ≥ 90%, yang mengindikasikan tingkat kepraktisan dan penerimaan yang sangat baik. Dari segi efektivitas, media ini memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,68, yang termasuk dalam kategori tinggi, menunjukkan bahwa penggunaan media ini efektif digunakan siswa guna mendukung proses belajar dan pembelajaran pada materi sistem tata surya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020108 Planetary Science (excl. Extraterrestrial Geology)
02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020109 Space and Solar Physics
02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020110 Stellar Astronomy and Planetary Systems
04 EARTH SCIENCES > 0401 Atmospheric Sciences > 040199 Atmospheric Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Avan Muhammad Difantara
Date Deposited: 27 Oct 2025 09:16
Last Modified: 27 Oct 2025 09:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49022

Actions (login required)

View Item View Item