Ervan Wahyudi, - (2021) “Pembelajaran Tahfidz di MI Miftahul Ulum 01 Suren Ledokombo Jember Tahun 2019/2020 ”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
Ervan Wahyudi_T20164061.pdf Download (8MB) |
Abstract
Ervan Wahyudi, 2020: “Pembelajaran Tahfidz di MI Miftahul Ulum 01 Suren Ledokombo Jember Tahun 2019/2020 ”. Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Suren I merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam YPI.PP. Miftahul Ulum Suren dilembaga tersebut memiliki peminat terbanyak di kecamatan Ledokombo, oleh karena itu lembaga pendidikan tersebut menerapkan kedisiplinan dan kerapian sekolah yang baik. Serta keunggulan di MI Miftahul Ulum Suren 01 adalah pembelajaran tahfidz yang dinilai baik di mata masyarakat karena ijazah dan keterampilan yang dimiliki lulusannya berkualitas baik dengan mampu menghafal alQur’an. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana perencanaan pembelajaran tahfidz di MI Miftahul Ulum 01 Suren Ledokombo Jember? 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfidz di MI Miftahul Ulum 01 Suren Ledokombo Jember? 3) bagaimana evaluasi pembelajaran tahfidz di MI Miftahul Ulum 01 Suren Ledokombo Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tahfidz di MI Miftahul Ulum 01 Suren Ledokombo Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tahfidz di MI Miftahul Ulum 01 Suren Ledokombo Jember. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tahfidz di MI Miftahul Ulum 01 Suren Ledokombo Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 01 Suren. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Analisis data menggunakan: data condentation, data display, dan verification. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menghasilkan: 1) Perencanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MI Miftahul Ulum 01 Suren Ledokombo tidak menggunakan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) akan tetapi menggunakan target hafalan yang disusun oleh guru Tahfidz waka kurikulum dan kepala madrasah melalui rapat koordinasi. Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an ini dimasukkan kedalam mata pelajaran muatan lokal 2) Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MI Miftahul Ulum 01 Suren Ledokombo dilakasankan melalui dua tahap yaitu tahap sebelum pembelajaran dan tahap inti pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode Jama’i dan talaqqi. Pembelajaran dilaksanakan pada jam pertama hari Jum’at dan pada jam ektrakurikuler. Media yang digunakan adalah Al-Qur’an dan buku Tahfidz. 3) Evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an yang dilakukan di MI Miftahul Ulum 01 Suren Ledokombo menggunakan penilaian berbentuk sistem setoran hafalan. Tetapi waktu pelaksanaannya juga seperti dengan mata pelajaran lainnya yakni dengan melakukan ulangan setoran harian, juga dengan melakukan ulangan setoran dalam setiap akhir semester
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:46 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4909 |
Actions (login required)
View Item |