Sinergi Orang Tua dan Guru Dalam Penanaman Karakter "Anak Indonesia Hebat" Pada Anak Usia Dini Kelas B3 di RA Darul Ibad Ajung Jember

Qoyimah Ngilmil, Nurul (2025) Sinergi Orang Tua dan Guru Dalam Penanaman Karakter "Anak Indonesia Hebat" Pada Anak Usia Dini Kelas B3 di RA Darul Ibad Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Nurul Ngilmil Qoyimah WM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan dasar penting dalam membentuk kepribadian, kedisiplinan, dan moral anak sejak dini. Upaya penanaman nilai-nilai karakter tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah, tetapi juga memerlukan peran aktif dari keluarga. Fenomena di RA Darul Ibad Ajung Jember menunjukkan bahwa keberhasilan pembentukan karakter anak sangat bergantung pada kerja sama antara guru dan orang tua dalam membiasakan perilaku positif di rumah dan di sekolah. Oleh karena itu, sinergi antara guru dan orang tua menjadi kunci utama dalam mendukung keberhasilan implementasi Program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat.
Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis sinergi antara orang tua dan guru dalam implementasi program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat pada anak usia dini kelas B3 di RA Darul Ibad Ajung Jember, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini juga berupaya memahami bagaimana strategi yang dilakukan kedua pihak untuk menciptakan kerja sama yang harmonis dan berkelanjutan dalam menanamkan tujuh kebiasaan tersebut pada anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru kelas B3, wali murid dan anak kelas B3. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagaimana dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Keabsahan data dijaga melalui triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan keakuratan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi antara guru dan orang tua di RA Darul Ibad Ajung Jember terwujud melalui empat bentuk utama, yaitu: (1) komunikasi rutin dan dua arah yang humanis, (2) pelibatan orang tua dalam kegiatan sekolah, (3) parenting class dan penyamaan pola asuh, serta (4) dukungan humanis antara guru dan orang tua. Faktor pendukung sinergi meliputi komunikasi yang efektif, kesadaran dan komitmen bersama, dukungan program sekolah, dan lingkungan sosial yang positif. Adapun faktor penghambatnya mencakup kurangnya konsistensi di rumah, pendekatan guru yang kurang adaptif, keterbatasan waktu dan media komunikasi, pengaruh lingkungan negatif, serta dampak sosial media. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi yang terjalin secara baik antara guru dan orang tua berperan besar dalam keberhasilan implementasi 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, yang membantu anak menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab, dan berkarakter sejak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Nurul Ngilmil Qoyimah
Date Deposited: 04 Nov 2025 01:12
Last Modified: 04 Nov 2025 01:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49095

Actions (login required)

View Item View Item