Dwi Wahyu Lestari, - (2020) Penerapan Pembelajaran Tematik Pada Model Student Teams Achievement Devisions Di MIMA 35 Nurul Ulum Watu Kebo Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
Dwi Wahyu Lestari_084 134 061.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dwi Wahyu Lestari, 2020: Penerapan Pembelajaran Tematik Pada Model Student Teams Achievement Devisions Di MIMA 35 Nurul Ulum Watu Kebo Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 MIMA 35 Nurul Ulum Watu Kebo Ambulu Jember telah menerapkan model pembelajaran tipe STAD dalam pembelajaran tematik yang bertujuan agar tumbuh rasa solidaritas antar peserta didik. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah model pembelajaran yang meggunakan sistem pengelompokan dengan membentuk kelompok secara heterogen yang setiap anggota kelompoknya yang telah menguasai materi menjelaskan kepada anggota kelompok yang belum menguasai materi. Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran menggunakan sistem pengelompokkan atau tim kecil, yaitu antara 4 – 5 orang yang mempunyai latar belakang kemampuan akademik Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1 Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik pada model STAD Kelas V di MIMA 35 Nurul Ulum Watu Kebo Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik pada Kelas V Di MIMA 35 Nurul Ulum Watu Kebo Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 3. Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik pada model STAD Kelas V Di MIMA 35 Nurul Ulum Watu Kebo Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran guru membuat (RPP) dan mencantumkan sebuah model pembelajaran yang digunakan di dalam RPP tepatnya di bagian sumber dan data, dalam pemilihan model dan media. 2) Pelaksanaan pembelajarana ada tiga kegiata yaitu kagiatan pembuka dengan cara guru mengajak siswa bernyanyi, isi terdiri dari guru menjelaskan sebuah materi mengenai cara melestarikan hewan dan lingkungan, menggunakan model pembelajaran yang bervariasi mempermudah guru untuk menjelaskan kepada siswa, menciptakan suasana kelas yang menyenangka dan penutup terdiri dari mengulang kembali pembelajaran yang sudah berlangsung mulai awal sampai akhir dengan menjelaskan lagi dengan sekilas melaui media yang digunakan pada saat kegiatan inti 3) Evaluasi awal terdiri dari guru biasanya memberikan pre tes kepada siswa, evaluasi proses guru melakukan hal tersebut ketika pembelajaran berlangsung dimana guru bisa menggunakan sebuah model pembelajaran tipe STAD untuk melakukanya agar lebih menyenangkan dan siswa tersebut lebih antusias untuk mengikuti kegitan, dan evaluasi akhir akhir guru bisa menggunakan tes atau non tes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:49 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4913 |
Actions (login required)
View Item |