Pengembangan Modul IPA Berbantuan Software Livewire pada Materi Listrik Dinamis untuk Siswa Kelas IX SMP/MTs

IMAM S.A, - (2021) Pengembangan Modul IPA Berbantuan Software Livewire pada Materi Listrik Dinamis untuk Siswa Kelas IX SMP/MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
IMAM S.A_T201610004.pdf

Download (15MB)

Abstract

Imam S.A, 2020: Pengembangan Modul IPA Berbantuan Software Livewire pada Materi Listrik Dinamis untuk Siswa Kelas IX SMP/MTs. Kata Kunci: Listrik Dinamis, Pengembangan Modul IPA, Software Livewire. Penelitian dan pengembangan modul pembelajaran dalam penelitian ini berdasarkan masalah yang peneliti temukan di SMP “Plus” Darus Sholah, yakni ketersediaan bahan ajar yang tidak variatif dan kurangnya alat dan bahan di laboratorium. Siswa cenderung kesulitan memahami materi di buku serta kegiatan praktikum yang seringkali terkendala karena kurangnya alat dan bahan. Modul ini dilengkapi dengan software Livewire yang diharapkan dapat menjadi alternatif solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian dan pengambangan ini adalah (1) Bagaimana kelayakan modul IPA berbantuan software Livewire pada materi Listrik Dinamis untuk siswa SMP/MTs, (2) Bagaimana respons peserta didik terhadap modul IPA berbantuan software Livewire pada materi Listrik Dinamis untuk siswa SMP/MTs. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Mengetahui kelayakan modul IPA berbantuan software Livewire pada materi Listrik Dinamis untuk siswa SMP/MTs, (2) Mengetahui respons peserta didik terhadap modul IPA berbantuan software Livewire pada materi Listrik Dinamis untuk siswa SMP/MTs. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 4-D terdiri dari 4 tahapan penelitian, di antaranya: define, design, development, dan dessimination. Namun tahap dessimination tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Produk yang telah selesai dibuat kemudian divalidasi oleh para ahli, di antaranya 2 dosen Tadris IPA IAIN Jember yang terdiri dari ahli materi dan ahli kependidikan, serta 1 orang guru SMP “Plus” Darus Sholah sebagai pengguna. Setelah divalidasi produk kemudian diuji coba lapangan untuk mengetahui respons siswa. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan memperoleh persentase nilai validasi ahli materi adalah 98%, persentase nilai validasi ahli kependidikan adalah 99%, dan persentase nilai validasi pengguna oleh guru adalah 92%. Rata-rata dari validasi ahli materi, ahli kependidikan, dan pengguna adalah 96,3%, sehingga modul termasuk kategori sangat valid. Hasil uji respons siswa skala kecil adalah 92,9% dan skala besar adalah 93,2%, sehingga modul termasuk kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:49
Last Modified: 24 Mar 2022 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4914

Actions (login required)

View Item View Item