Aulia, Dini (2025) Model Kepemimpinan Perempuan dalam Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Islam Ulul Albab Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Dini Rohmatul Aulia_202101030003.pdf Download (5MB) |
Abstract
Dini Rohmatul Aulia, 2025: Model Kepemimpinan Perempuan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Islam Ulul Albab Jember.
Kata Kunci: Kepemimpinan perempuan, profesionalisme tenaga pendidik, Sekolah Dasar Islam Ulul Albab Jember
Profesionalisme tenaga pendidik merupakan faktor krusial dalam peningkatan mutu pendidikan. Di Sekolah Dasar Islam Ulul Albab Jember, masih terdapat guru dengan latar belakang non-kependidikan yang berdampak pada kurang optimalnya proses pembelajaran. Kondisi ini menuntut hadirnya kepemimpinan yang efektif dalam membina dan mengembangkan potensi tenaga pendidik. Kepemimpinan perempuan menjadi menarik untuk dikaji karena identik dengan pendekatan yang humanis, komunikatif, dan kolaboratif dalam pengelolaan lembaga pendidikan.
Penelitian ini berfokus pada: (1) strategi model kepemimpinan perempuan yang diterapkan di Sekolah Dasar Islam Ulul Albab Jember dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik; (2) faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik; serta (3) kompetensi profesionalisme tenaga pendidik di Sekolah Dasar Islam Ulul Albab Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kepemimpinan perempuan, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya, serta mendeskripsikan tingkat kompetensi profesionalisme guru di sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi sumber untuk memastikan validitas temuan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi kepemimpinan kepala sekolah perempuan di Sekolah Dasar Islam Ulul Albab Jember berorientasi pada model kepemimpinan demokratis yang diwujudkan melalui pelibatan guru dalam pengambilan keputusan, komunikasi dua arah yang terbuka, serta pembinaan dan pendampingan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalisme guru; (2) faktor pendukung kepemimpinan ini meliputi budaya kerja sama yang solid, komunikasi harmonis, dan pembiasaan kegiatan Islami yang membentuk karakter religius serta etos kerja pendidik; (3) faktor penghambatnya adalah keterbatasan kewenangan kepala sekolah akibat sistem birokrasi yayasan yang kompleks; (4) kompetensi profesionalisme tenaga pendidik di Sekolah Dasar Islam Ulul Albab Jember telah berkembang dengan baik pada empat dimensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Selain melalui pelatihan, kepala sekolah juga berupaya mendorong peningkatan profesionalisme guru melalui pengembangan karir formal dan sertifikasi profesi, supaya guru-guru di sekolah memenuhi standar profesionalisme sesuai regulasi nasional.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Ms. Dini Aulia |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 02:56 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 02:56 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
