Navira Fitrianti, Anggita (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Anggita Navira Fitrianti_T20191356.pdf Download (3MB) |
Abstract
Anggita Navira Fitrianti, 2025: Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci: Implementasi kurikulum Merdeka, Motivasi Belajar.
Kurikulum Merdeka merupakan inovasi pendidikan yang dirancang untuk memberikan kebebasan bagi satuan pendidikan dan guru dalam mengembangkan proses pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Kurikulum ini berorientasi pada pembelajaran yang berdifernsiasi, berpusat pada siswa, serta menekankan penguatan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil’Alamin. Dalam konteks Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi, penerapan kurikulum merdeka menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pemebelajaran, khusunya pada mata pelajaran fikih yang menuntut pemahaman konseptual sekaligus aplikatif agar mampu menumbuhkan motivasi belajar dan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar mengajar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi? 2) Bagaimana hasil implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui implementasi kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. 2) Mengetahui hasil implementasi kurikulum Merdeka dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model intraktif model Milles dan Huberman, Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan Teknik.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi menunjukkan komitmen madrasah dalam mengadaptasi perubahan kebijakan Pendidikan nasional menuju pembelajaran yang lebih kontekstual, fleksibel, dan berpusat pada siswa. 2) Hasil implementasi kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar siswa berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas X.motivasi siswa meningkat dengan adanya pendekatan yang lebih fleksibel dan berpusat pada siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Aboriginal and Torres Strait Islander Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | sis Anggita Navira Fitrianti |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 07:35 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 07:35 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49177 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
