Pengaruh Emotional Bias dan Mental Accounting terhadap keputusan pembelian gacha game mobile legends (Studi kasus mahasiswa Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Hakim, Ainun Nisa Nurhidayat (2025) Pengaruh Emotional Bias dan Mental Accounting terhadap keputusan pembelian gacha game mobile legends (Studi kasus mahasiswa Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
Ainun Nisa Nurhidayat Hakim_211105030004.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Emotional Bias, Mental Accounting, Keputusan Pembelian, Gacha, Mobile Legends, Syariah.

Fenomena pembelian gacha dalam game online merupakan bentuk transaksi digital yang semakin populer di kalangan mahasiswa. Gacha menawarkan item langka dengan peluang acak, sehingga menimbulkan perilaku konsumtif yang tidak selalu rasional. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana Emotional Bias dan Mental Accounting memengaruhi keputusan pembelian gacha pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah Emotional Bias berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian gacha secara parsial? 2) Apakah Mental Accounting berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian gacha secara parsial? 3) Apakah Emotional Bias dan Mental Accounting berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian gacha secara simultan?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh Emotional Bias terhadap keputusan pembelian gacha secara parsial, 2) Mengetahui pengaruh Mental Accounting terhadap keputusan pembelian gacha secara parsial, 3) Mengetahui pengaruh Emotional Bias dan Mental Accounting terhadap keputusan pembelian gacha secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 104 mahasiswa yang pernah melakukan pembelian gacha. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Instrumen Data, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis, serta Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Emotional Bias (X1) dan Mental Accounting (X2) berpengaruh dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian gacha. Selain itu, secara simultan, Emotional Bias (X1) dan Mental Accounting (X2) juga berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian gacha mahasiswa UIN KHAS Jember. Dari perspektif muamalah Islam, mekanisme gacha mengandung unsur gharar (ketidakjelasan) dan maisir (pertaruhan) yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. Namun, hasil penelitian menemukan adanya kesenjangan antara pengetahuan normatif mahasiswa tentang larangan syariah dengan praktik nyata mereka dalam transaksi digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms perpustakaan Ainun Nisa Nurhidayat Hakim
Date Deposited: 18 Nov 2025 04:21
Last Modified: 18 Nov 2025 04:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49225

Actions (login required)

View Item View Item