Erlangga, Wisnu (2025) URGENSI PERSONAL SELLING SEBAGAI TEKNIK PEMASARAN PADA BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN KHAS.
|
Text
SKRIPSI Wisnu Erlangga 2025.pdf Download (3MB) |
Abstract
Wisnu Erlangga, Dr. Hikmatul Hasanah, S.E.I., M.E. 2025: Urgensi Personal Selling Sebagai Teknik Pemasaran Pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pasuruan.
Kata Kunci: Urgensi, Personal selling, Teknik Pemasaran
BRI Kantor Cabang Pasuruan menghadapi tantangan dalam memasarkan produk perbankan di tengah pesatnya perkembangan digitalisasi layanan seperti internet banking dan mobile banking. Meskipun teknologi memudahkan transaksi, kenyataannya masih banyak nasabah yang membutuhkan interaksi langsung sebelum memutuskan untuk menggunakan produk perbankan. Dalam konteks ini, personal selling menjadi teknik pemasaran yang tetap diandalkan untuk membangun kepercayaan, memberikan edukasi keuangan, serta menyesuaikan penawaran dengan kebutuhan nasabah secara lebih personal.
Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana urgensi personal selling sebagai teknik pemasaran pada BRI Kantor Cabang Pasuruan?, 2. Bagaimana peluang dan tantangan personal selling sebagai teknik pemasaran di BRI Kantor Cabang Pasuruan?, 3. Bagaimana pandangan Ekonomi Islam pada personal selling sebagai teknik pemasaran di BRI Kantor Cabang Pasuruan?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui urgensi personal selling sebagai teknik pemasaran pada BRI Kantor Cabang Pasuruan., 2. Untuk mengetahui peluang dan tantangan personal selling sebagai teknik pemasaran pada BRI Kantor Cabang Pasuruan., 3. Untuk mengetahui pandangan Ekonomi Islam pada personal selling sebagai teknik pemasaran di BRI Kantor Cabang Pasuruan.
Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam pengumpulan data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1. Personal selling masih memiliki urgensi yang tinggi dan memainkan peran strategis sebagai teknik pemasaran di BRI Kantor Cabang Pasuruan., 2. Personal selling di BRI Kantor Cabang Pasuruan efektif membangun loyalitas nasabah, namun menghadapi tantangan digitalisasi sehingga perlu strategi needs-based dan integrasi phygital selling., 3. Personal selling di BRI Kantor Cabang Pasuruan selaras dengan prinsip Ekonomi Islam melalui nilai nubuwah (shiddiq, amanah, tabligh, fathanah) yang memperkuat kepercayaan, loyalitas, dan hubungan berkelanjutan dengan nasabah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
| Depositing User: | Wisnu Wisnu Erlangga |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 03:14 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 03:14 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49264 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
