PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KEBERSAMAAN KELUARGAKU SISWA KELAS 1 MI AT – TAQWA BONDOWOSO

ariansyah, rafi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KEBERSAMAAN KELUARGAKU SISWA KELAS 1 MI AT – TAQWA BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Rafi Ariansyah_211101040013.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Rafi Ariansyah_211101040013.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: Pengembangan media, Flashcard, kebersamaan keluargaku, Bahasa Indonesia, kelas 1

Permasalahan di MI At-Taqwa Bondowoso terutama di kelas 1 khususnya pembelajaran Bahasa Indonesia setelah dilakukannya observasi dan wawancara di sekolah ada beberapa masalah yakni kurangnya penggunaan media pada kegiatan pembelajaran yang mendukung peserta didik aktif dalam pembelajaran. Biasanya guru menjelaskan materi langsung dari buku tanpa ada alat/media yang membantu peserta didik menjadi lebih aktif belajar. Untuk itu peneliti mengambil penelitian ini dengan judul “Pengembangan Media Flashcard dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Kebersamaan Keluargaku Kelas 1 MI At-Taqwa Bondowoso.”.
Rumusan masalah penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan produk media Flashcard dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi kebersamaan keluargaku siswa kelas 1 MI At-Taqwa Bondowoso? 2) Bagaimana kelayakan produk pengembangan media Flashcard dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi kebersamaan siswa kelas 1 MI At-Taqwa Bondowoso?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengembangan media Flashcard dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi kebersamaan keluargaku siswa kelas 1 MI At-Bondowoso. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kelayakan produk pengembangan produk media Flashcard dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi kebersamaan keluargaku siswa kelas 1 MI At-Taqwa Bondowoso.
Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan jenis 4-D. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, penyebaran angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif yang bersifat nilai dan dideskriptifkan, yakni menganalisis pengembangan media Flashcard dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi kebersamaan keluargaku siswa kelas 1 MI At-Bondowoso.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) pengembangan media Flashcard dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi kebersamaan keluargaku ini berawal dari validasi ke para ahli media, materi, pembelajaran dan respon peserta didik yang kemudian direvisi berulang sesuai saran setiap validator hingga media layak digunakan; 2) hasil uji kelayakan dapat diuji sebagai berikut. Validasi media mendapat hasil persentase 87,5% kategori sangat layak, validasi materi mendapat hasil persentase 91% kategori “sangat layak”, validasi bahasa mendapat hasil persentase 70% kategori “layak”, validasi pembelajaran mendapat 84% dan uji kelayakan media dengan mengisi angket respon peserta didik hasil persentase 92% kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mr rafi ariansyah
Date Deposited: 21 Nov 2025 03:03
Last Modified: 21 Nov 2025 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49284

Actions (login required)

View Item View Item