Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran PAI Untuk Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di SMP Adz-Dzikir Jember Tahun Pelajaran 2024/2025

Arzy, Muhammad (2025) Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran PAI Untuk Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di SMP Adz-Dzikir Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
watermark fiks.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta kepatuhan terhadap tata tertib di SMP Adz-Dzikir Jember. Kondisi tersebut mendorong peneliti untuk menelaah bagaimana pelaksanaan reward dan punishment dalam pembelajaran PAI yang mungkin berbeda dengan mata pelajaran umum, serta sejauh mana penerapan keduanya dapat membentuk karakter disiplin peserta didik atau justru sebaliknya.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan reward dan punishment dalam pembelajaran PAI dapat membentuk karakter disiplin peserta didik di SMP Adz-Dzikir Jember tahun pelajaran 2024/2025? 2) Bagaimana pelaksanaan reward dan punishment dapat membentuk karakter disiplin peserta didik di SMP Adz-Dzikir Jember tahun pelajaran 2024/2025? 3) Bagaimana evaluasi reward dan punishment dapat membentuk karakter disiplin peserta didik di SMP Adz-Dzikir Jember tahun pelajaran 2024/2025?
Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) Menganalisis perencanaan reward dan punishment dalam pembelajaran PAI yang dapat membentuk karakter disiplin peserta didik di SMP Adz-Dzikir Jember tahun pelajaran 2024/2025. 2) Menganalisis pelaksanaan reward dan punishment dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SMP Adz-Dzikir Jember tahun pelajaran 2024/2025. 3) Menganalisis evaluasi reward dan punishment dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SMP Adz-Dzikir Jember tahun pelajaran 2024/2025.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan subjek dilakukan secara purposive. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan reward dan punishment dilakukan melalui rapat antara kepala sekolah dan guru untuk menyusun tata tertib mengajar, bentuk penghargaan, dan jenis hukuman yang bersifat mendidik dan proporsional. 2) Pelaksanaan reward dan punishment dilakukan secara konsisten oleh guru, di mana reward seperti pujian, tepuk tangan, dan pemberian sertifikat menumbuhkan motivasi positif, sedangkan punishment berupa teguran, membaca doa, atau pemanggilan orang tua memberikan efek jera yang mendidik. 3) Evaluasi menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih disiplin, dan konsistensi guru menjadi faktor utama keberhasilan penerapan reward dan punishment.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Reward, Punishment, Karakter Disiplin
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Arzy
Date Deposited: 24 Nov 2025 07:16
Last Modified: 24 Nov 2025 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49312

Actions (login required)

View Item View Item