Rovika, Novi (2025) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
NOVI ROVIKA_221101030020.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kepemimpinan kepala sekolah adalah kemampuan dan seni dalam mengarahkan, membimbing, mempengaruhi serta mengelola seluruh elemen di lingungan sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Kabupaten Lumajang menjadi salah satu daerah yang terdapat konflik keagamaan, sehingga moderasi beragama menjadi sangat penting diterapkan dalam konteks pendidikan. SMKN 1 Lumajang memiliki guru serta siswa-siswi yang berasal dari berbagai latar belakang agama yang berbeda dan aktif dalam program kegiatan yang mendukung toleransi antar umat beragama.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan moderasi beragama di SMKN 1 Lumajang? 2) Bagaimana kepala sekolah menghadapi tantangan dalam mengimplementasikan moderasi beragama di SMKN 1 Lumajang? 3) Apa strategi yang digunakan kepala sekolah dalam mengimplementasikan moderasi beragama di SMKN 1 Lumajang? Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah, tantangan dan strategi dalam mengimplementasikan moderasi beragama di SMKN 1 Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman, dan Saldana: 1) pengumpulan data 2) penyajian data 3) kondensasi data 4) simpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil kesimpulan penelitian ini adalah 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan moderasi beragama di SMKN 1 Lumajang bersifat terbuka, inklusif dan transformatif. Dengan menekankan prinsip musyawarah, keteladanan serta melibatkan seluruh warga sekolah. Nilai-nilai moderasi beragama diimplementasikan melalui berbagai kegiatan seperti dialog antar agama, kegiatan lintas agama, pagelaran budaya, kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), peringatan hari besar keagamaan, serta integrasi moderasi beragama dalam pembelajaran. 2) Tantangan yang dihadapi kepala sekolah selama proses pengimplementasian moderasi beragama di sekolah yaitu meliputi perbedaan pemahaman tentang moderasi beragama antara guru dan siswa, kurangnya komunikasi lintas agama, serta belum tumbuhnya sikap toleransi secara konsisten di kalangan warga sekolah. 3) Strategi yang digunakan kepala sekolah dalam mengimplementasikan moderasi beragama yakni berupa penguatan komunikasi terbuka antara guru, siswa dan orang tua, menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui kegiatan pembelajaran, diskusi serta kegiatan ekstrakurikuler dan menyediakan ruang bagi seluruh warga sekolah untuk dapat mengekspresikan keyakinan keagamaannya masing-masing secara damai dan saling menghormati.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Moderasi Beragama
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Mis NOVI ROVIKA |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 02:34 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 02:34 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
