PENGGUNAAN MEDIA AI (ARTIFICIAL INTELLEGENCE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 JEMBER

Ainun Fanani, Fahmi (2025) PENGGUNAAN MEDIA AI (ARTIFICIAL INTELLEGENCE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Fahmi Ainun Fanani (Watermak).pdf

Download (4MB)

Abstract

Fahmi Ainun Fanani, 2025: “Penggunaan Media AI (Artificial Intelligence)
dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jember.”
Kata Kunci : Media AI (Artificial Intelligence), Kemampuan Kognitif, Afektif,
Psikomotorik Siswa
Penggunaan teknologi di era saat ini membawa dampak besar dalam
berbagai bidang kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Salah satu bentuk
kemajuan teknologi yang paling signifikan adalah hadirnya kecerdasan buatan
atau Artificial Intelligence (AI). Dalam konteks pendidikan yang semakin pesat,
penggunaan Artificial Intelligence (AI) menjadi topik yang semakin menarik
perhatian dalam pendidikan. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan
yang merupakan hasil dari perkenalan dari dunia di era society saat ini dan juga
merupakan solusi pembelajaran di era digital saat ini. Era society 5.0 ini
merupakan konsep yang diperkenalkan oleh pemerintah jepang pada tahun 2016
sebagai tanggapan dari beberapa tantangan dunia dan mengatasi masalah sosial.
Fokus Penelitian : 1. Bagaimana penggunaan teknologi artificial
intelligence (AI) dapat meningkatkan Kemampuan Kognitif, Afektif,
Psikomotorik siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3
Jember? 2. Bagaimana penggunaan teknologi artificial intelligence (AI) dapat
meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 3 Jember?
Tujuan Penelitian: 1. Untuk mendeskripsikan penggunaan teknologi
artificial intelligence (AI) dapat meningkatkan Kemampuan Kognitif, Afektif,
Psikomotorik Siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3
Jember. 2. Untuk mendeskripsikan penggunaan teknologi artificial intelligence
(AI) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 3 Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif
dengan jenis studi berupa Studi Kasus di mana studi kasus ini merupakan jenis
penelitian yang mendalam yang ingin memahami latar belakang suatu persoalan
atau interaksi individu di dalam suatu unit sosial atau mengenai suatu kelompok
individu.
Hasil temuan penelitian ini: 1. Siswa dengan tingkat partisipasi tinggi
mengungkapkan bahwa teknologi IA sangat membantu dalam menyelesaikan
beberapa soal soal pelajaran dengan lebih cepat dan efisien. Berbagai
jenis/platform yang digunakan sebagai alat bantu atau media untuk mencari
sumber referensi, penyelesaian tugas pelajaran dan memahami soal-soal yang
cukup sulit dalam proses pembelajaran. 2. Teknologi artificial intelligence dapat
meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS terlihat dari berbagai
pengalaman pemanfaatan oleh beberapa siswa dan guru, mulai dari peningkatan
efisiensi pembelajaran hingga kontribusi terhadap pemahaman materi.
Penggunaan AI dalam bentuk chatbot edukatif, sistem kuis adaptif, dan
rekomendasi materi belajar yang dipersonalisasi terbukti meningkatkan
keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fahmi Ainun Fanani
Date Deposited: 27 Nov 2025 01:33
Last Modified: 27 Nov 2025 01:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49367

Actions (login required)

View Item View Item