AGUS SUPARTONO, - (2021) Penerapan Metode Bil Qolam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Desa Sumber Kokap Kecamatan Taman Krocok Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
AGUS SUPARTONO_084131374.pdf Download (1MB) |
Abstract
Agus Supartono, 2021: Penerapan Metode Bil Qolam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Desa Sumber Kokap Kecamatan Taman Krocok Kabupaten Bondowoso. Kata kunci : Metode Bil Qolam, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Metode Bil Qolam adalah pembelajaran baca Al Qur’an dengan menggunakan sebuah metode. Metode ini diterapkan di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum, dalam hal membaca perlu adanya inovasi baru untuk membuat desain pembelajaran yang mampu meningkatkan kefasihan dan kelanacaran baca siswa. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran membaca al-Qur’an (Bil Qolam) yang diterapkan di sekolah madrasah Diniyah Raudlatul Ulum khususnya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini: 1) Bagaimana perencanaan penerapan metode Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an? 2) Bagaimana pelaksanaan metode Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an? 3) Bagaimana evaluasi penerapan metode Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Desa Sumber Kokap Kecamatan Taman Krocok Kabupaten Bondowoso. Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan Perencanaan penerapan metode Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, 3) Mendeskripsikan evaluasi penerapan metode Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Desa Sumber Kokap Kecamatan Taman Krocok Kabupaten Bondowoso. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Menganalisis proses mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pembelajaran dalam kelas yang menggunakan metode Bil Qolam, adapun teknik pengumpulan data dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesipulan 1) Perencanaan pembelajaran Al- Qur’an ini menggunakan metode Bil Qolam dengan perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan Jilid 1 sampai jilid 4. 2) Pelaksanaan metode Bil Qolam disesuaikan dengan perencanaan pendidikan yang matang dan strategis dan menggunakan pola pembelajaran yang jelas dengan adanya tujuan pembelajaran, metode (Metode Bil Qolam) dan tekhnik-tekhnik pengajaran yang baik (taqlid, itiba’, dan urdhoh). 3) Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Diniah Raudlatul Ulum diantaranya Evaluasi kenaikan halaman atau harian, Evaluasi kenaikan jilid dan diserahkan kepada mushohih (penguji).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 09:14 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 09:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4938 |
Actions (login required)
View Item |