GAYA KOMUNIKASI DAI MUDA NING UMMI LAILA DALAM BERDAKWAH DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE SANTRI NGAPAK CENEL

Asroriyah, Khozinatul (2025) GAYA KOMUNIKASI DAI MUDA NING UMMI LAILA DALAM BERDAKWAH DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE SANTRI NGAPAK CENEL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Full KHOZINATUL ASRORIYAH REVISI SIDANG (WATERMARK).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI Full KHOZINATUL ASRORIYAH REVISI SIDANG (WATERMARK).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Khozinatul Asroriyah: Gaya Komunikasi Da’i muda Ning Ummi Laila dalam
berdakwah di media sosial Youtube Santri Ngapak Cenel
Kata kunci: Gaya Komunikasi, Ning Ummi Laila, YouTube
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, media sosial
YouTube telah menjadi media yang sangat potensial untuk berdakwah titik maka
dari itu munculnya dakwah di media sosial yang mana bisa menjadikan dan
memanfaatkan teknologi sebagai tempat berdakwah khususnya bagi seorang dai.
Salah satu da’i yang aktif menggunakan media sosial YouTube untuk berdakwah
adalah Ning Ummi Laila, dengan memiliki gaya komunikasinya yang unik dan
menarik dalam menyampaikan dakwahnya yang selalu dihiasi dengan humor dan
candaan.
Fokus dari penelitian ini adalah: bagaimana gaya komunikasi Ning umi
Laila dalam berdakwah di YouTube, dan bagaimana respon penonton terhadap
dakwah Ning umi Laila di platform media sosial YouTube Santri ngapa cenel.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya komunikasi Ning
Umi Laila dalam berdakwah di YouTube. Dan untuk mengetahui respon penonton
terhadap dakwah Ning Ummi Laila pada akun @santri ngapak cenel.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif, yang mengutamakan kualitas data dan memperdalam pemahaman
fenomena. Penelitian ini merujuk pada teori kreitner& knicki Mc yang membagi
gaya komunikasi menjadi tiga, yaitu Assertive style, Aggressive style, dan Passive
style.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi virtual dan
dokumentasi. Data primer diperoleh dari tiga video dakwah yang diunggah di
akun YouTube @santringapakcenel. Sementara data sekunder diperoleh dari
Literatur seperti buku, jurnal, dan sumber data online.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah Ning Ummi Laila
cenderung menggunakan gaya komunikasi assertive, yang ditandai dengan humor
dan pengungkapan pendapat secara tegas, jelas. Selain itu, respon penonton
terhadap video dakwahnya meliputi tiga aspek respon kognitif, afektif dan konatif,
menurut Steven M. Chaffe.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Name Khozinatul Asroriyah
Date Deposited: 27 Nov 2025 04:16
Last Modified: 27 Nov 2025 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49383

Actions (login required)

View Item View Item