Irma Citra Hanafi, - (2020) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan studi kasus pada Siswa Kelas VII DarunNajah Sekarputih Bondowoso Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan studi kasus pada Siswa Kelas VII DarunNajah Sekarputih Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Irma Citra Hanafi_084131322.pdf Download (4MB) |
Abstract
Irma Citra Hanafi,2020. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan studi
kasus pada Siswa Kelas VII DarunNajah Sekarputih
Bondowoso
Kata Kunci: Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran
SKI
Sekolah merupakan lingkungan sosial yang didalamnya adalah tempat belajar
mengajar. Disini yang menyebabkan rendahnya kwalitas kurikulikulum pendidikan di
sekolah darunnajah sekarputih adalah metode pembelajaran yang monoton dan
membosankan sehingga pendidik merubah metode ceramah menjadi metode kooperatif
agar lebih efektif dan inovatif lagi.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini
diantaranya: 1. Bagaimana perencanaan pembelajaran ski di kelas VII MTs darunnajah
sekarputih ? 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ski di kelas VII MTs darunnajah
sekarputih ? 3. Bagaimana evaluasi pembelajaran ski di kelas VII MTs darunnajah
sekarputih ? Adapun dari Tujuan penelitian tersebut yaitu 1. Untuk mengetahui
bagaimana perencanaan pembelajaran ski di kelas VII MTs darunnajah sekarputih. 2.
Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran ski di kelas VII MTs
darunnajah sekarputih. 3. Untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran ski di
kelas VII MTs darunnajah sekarputih
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif kualitatif dan pemilihan subyek ini menggunakan purposive yang
dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data
yang digunakan adalah model Miles, Huberman dan Saldana. Langkah langkahnya
meliputi: Kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kredibilitas
keabsahan datanya menggunakan : triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian metode Kooperatif dalam Pembelajaran sejarah
kebudayaan Islam di Kelas VII MTs DarunNajah Sekarputih Bondowoso menunjukkan
adanya peningkatan hasil pembelajaran dari perencanaan pembelajaran seperti
Mempersiapkan bahan pembelajaran,Membuat sumber dan media belajar,Membuat
rencana pelaksanaan pembelajaran,Menyiapkan alat evaluasi serta Membuat soal dan
jawaban. Pelaksanaan pembelajaran yaitu menjelaskan materi yang akan diajarkan,
membagi siswa menjadi dua kelompok untuk bermain kuis serta evaluasi pembelajaran
menjawab soal pretest sebanyak 5 soal essay
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 09:13 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 09:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4939 |
Actions (login required)
View Item |