MAS’UL ROMDHON RIADUSSOLIKHIN, - (2021) “Pemanfaatan Pojok Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covi-19 Di SMK Negeri 5 Jember”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
MAS’UL ROMDHON RIADUSSOLIKHIN_T20161123.pdf Download (6MB) |
Abstract
Mas’ul Romdhon Riadussolikhin, 2021: “Pemanfaatan Pojok Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covi-19 Di SMK Negeri 5 Jember”. Dengan adanya pojok literasi yang disediakan oleh sekolah dapat menjadikan sarana literasi yang dapat menumbuhkan minat baca siswa dan dapat membantu untuk mewujudkan bangsa Indonesia cinta akan literasi, belajar untuk menjadikan literasi sebagai budaya yang mengakar kuat pada diri bangsa Indonesia. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pelaksanaan Program Pojok Literasi di SMK Negeri 5 Jember? (2) Bagaimana Minat Baca Siswa Sebelum Pandemi Covid-19 pada Program Pojok Literasi di SMK Negeri 5 Jember? (3) Bagaimana Minat Baca Siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam disaat Pandemi Covid-19 pada Program Pojok Literasi di SMK Negeri 5 Jember? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan program Pojok Literasi di SMK Negeri 5 Jember 2) Mendeskripsikan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Minat Baca Siswa Sebelum Pandemi Covid-19 pada Program Pojok Literasi di SMK Negeri 5 Jember 3) Mendeskripsikan Minat Baca Siswa disaat Pandemi Covid-19 pada Program Pojok Literasi di SMK Negeri 5 Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripstif, jenis penelitian adalah penelitian lapangan (Field Research). Penentu subyek penelitian dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Program pojok literasi di SMK Negeri 5 Jember memberikan sebuah sarana untuk warga sekolah bahwa pojok literasi untuk menambah ilmu pengetahuan umum, pengetahuan keagamaan dan pengalaman bagi guru dan siswa. Yaitu dengan pelaksanaan sebagai berikut: membaca buku tentang Pendidikan Agama Islam, lalu siswa diminta untuk menulis apa yang baru saja dibaca kemudian hasil tulisan ditempel ke pohon pintar. 2) Minat baca siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum adanya wabah covid-19 peningkatannya belum bisa dikatakan meningkat secara kongkrit. Karena untuk mengetahui peningkatan secara kongkrit membutuhkan quisioner yang detail. Tetapi jika dilihat dari banyaknya siswa yang datang untuk membaca buku tentang Pendidikan Agama Islam di pojok literasi, dan juga hasil tulisan yang siswa buat, itu menjadi salah satu faktor bahwa adanya peningkatan minat baca siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Minat baca siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam disaat pandemi covid-19 tidak ada data yang menjelaskan bahwa adanya peningkatan atau penurunan secara detail, tetapi dilihat dari kondisi yang ada, yaitu liburnya sekolah, dan juga program disekolah yang ikut terhenti, maka bisa dikatakan minat baca yang menurun, karena kurangnya fasilitas untuk siswa, dan juga pantauan yang kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 09:12 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 09:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4942 |
Actions (login required)
View Item |